Waspada PMK! drh Fauzi Himbau Peternak Beri Pakan Tambahan dan Tunda Beli Ternak Sapi

- 17 Mei 2022, 07:15 WIB
Ilustrasi sapi ternak - Waspada PMK! drh Fauzi Himbau Peternak Beri Pakan Tambahan dan Tunda Beli Ternak Sapi
Ilustrasi sapi ternak - Waspada PMK! drh Fauzi Himbau Peternak Beri Pakan Tambahan dan Tunda Beli Ternak Sapi /Gabriela Cheloni/Pexels

BANJARNEGARAKU - Medik Veteriner Puskeswan Kecamatan Susukan, Banjarnegara, M. Syukur Fauzi, mendorong peternak agar memberi pakan tambahan kaya multivitamin dalam menyikapi merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sejumlah daerah di Jawa Timur yang terjadi akhir-akhir ini.

Termasuk menunda pembelian ternak sapi beberapa bulan ke depan, dalam menyikapi merebaknya penyakit PMK, selain memberi Pakan Tambahan Kaya Multivitamin guna meningkatkan daya tahan tubuh.

drh Fauzi himbau peternak beri pakan tambahan kaya multivitamin dan tunda beli ternak sapi, berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Awal Juni 2022, Bandara Jenderal Besar Soedirman 'JBS' Purbalingga Kembali Dibuka, Simak Selengkapnya

Penundaan pembelian ternak selama beberapa bulan kedepan ini ditekankan oleh Medik Veteriner Puskeswan Kecamatan Susukan, Banjarnegara, M. Syukur Fauzi sebagai langkah antisipatif agar penyakit PMK tidak menular dan merebak di daerahnya.

"Yang penting, jangan membeli sapi dulu, kurang lebih sampai dua bulan mendatang," ungkapnya.

Baca Juga: Main Musik Keroncong, Pemkab Banjarnegara Gandeng Universitas Negeri Semarang 'Unnes', Guru SD Jadi Target

Lebih jauh dikatakannya, sebagaimana pandemi covid-19 yang terjadi hampir dua tahun terakhir ini, penularan penyakit PMK pada ternak sapi dapat juga melalui perantara, baik manusia maupun ternak sapi itu sendiri.

"Ingat, manusia juga bisa membawa virus, penularan ini seperti kasus covid-19 pada manusia," tegasnya.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x