Gandeng Beberapa OPD, Baperlitbang Banjarnegara Koordinasikan Self Assesment Indek Ketahanan Daerah

- 11 September 2022, 14:39 WIB
Kegiatan koordinasi penyusunan Indeks Ketahanan Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2022 di Baperlitbang Banjarnegara
Kegiatan koordinasi penyusunan Indeks Ketahanan Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2022 di Baperlitbang Banjarnegara /doc. Baperlitbang Banjarnegara

BANJARNEGARAKU.COM - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbang) Kabupaten Banjarnegara memfasilitasi dan koordinasi penyusunan indeks ketahanan daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2022.

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Baperlitbang, pada Jumat 9 September 2022 tersebut dilakukan guna mengetahui tingkat resiko bencana di suatu daerah.

Turut serta dalam kegiatan tersebut yakni beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) seperti BPBD, Dinas Sosial, DPU, Dinas Perumahan, Dintankanak dan KP serta lainnya.

Baca Juga: Ilmuwan Banjarnegara Rekomendasikan IIM Surakarta Miliki Kurikulum Bahasa Inggris Khusus PAI

Kepala Baperlitbang Banjarnegara yang diwakili Kabid Penelitian dan Pengembangan Perencanaan Program, Muhammad Muiz Raharjo, S.STP M,Si mengatakan, Tujuan agar memfasilitasi dan koordinasi dengan OPD agar pengisian kuisioner indeks ketahanan daerah benar valid dan mencerminkan kondisi kabupaten Banjarnegara.

“Badan nasional Penanggulangan Bencana telah menyusun Indeks Resiko Bencana Indonesia pada tahun 2013,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam rangka monitoring dan evaluasi IRBI maka dilaksanakan Penilaian Mandiri Indeks Ketahanan Daerah (IKD) oleh kabupaten atau kota yang selanjutnya akan mendapatkan proses verifikasi oleh tim di tingkat Propinsi sampai BNPB.

Baca Juga: Pemkab Banjarnegara Targetkan Perolehan Bulan Dana PMI Sebesar 1 Miliar, Berikut Selengkapnya

Anton Hermawan SE, M.Akun Fungsional Perencana Muda Baperlitbang selaku narasumber menyampaikan pentingnya Indeks Ketahanan Daerah untuk mengukur kapasitas daerah dalam penanggulangan Bencana.

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x