Jalur Wanayasa Batur yang Tertutup Longsoran Sudah Bisa Dilalui Kembali

- 23 Januari 2024, 22:59 WIB
Eksavator digunakan untuk membersihkan material longsor di Tanjakan Sikelir pada 23 Januari 2024
Eksavator digunakan untuk membersihkan material longsor di Tanjakan Sikelir pada 23 Januari 2024 /Brave/BPBD

BANJARNEGARAKU.COM - Kerja keras tim gabungan berhasil membuka kembali jalur Wanayasa Batur yang sempat putus pada Senin sore 22 Januari 2024. Material tanah dan rumpun bambu sudah dibereskan. Bahkan tim gabungan juga membereskan tebing yang diduga keras berpotensi longsor. 

Baca Juga: Wisnu Wijaya Daftar KPM Bansos PKH Tak Bisa Dicabut karena Beda Pilihan Politik

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara mencatat tebing tanah setinggi 20 meter, lebar 15 meter dan ketebalan 1-2 meter roboh menutup badan jalan secara penuh. Kendaraan roda dua dan roda 4 tidak bisa melintas semenjak kemarin. 

Menurut Camat Wanayasa, Sri Wahjuni SE jalur ini cukup vital. Selain sebagai jalur wisata ke Dieng, jalur ini juga jalur angkutan komoditi pertanian baik dari sekitar Wanayasa maupun Batur yang akan dibawa ke arah barat (Cirebon, Bandung dan Jakarta). 

Pengerjaan jalan dilaksanakan semenjak pagi 23 Januari 2024. Tim gabungan mengerjakan pembersihan material longsor di sela turunnya hujan intensitas sedang hingga cukup lebat. 

Jalur Wanayasa -Batur ditutup pada Selasa 23 Januari 2024 karena ada longsor di Tanjakan Sikelir kecamatan Wanayasa kabupaten Banjarnegara
Jalur Wanayasa -Batur ditutup pada Selasa 23 Januari 2024 karena ada longsor di Tanjakan Sikelir kecamatan Wanayasa kabupaten Banjarnegara Brave

Pembukaan jalan yang sekiranya akan dilakukan pada sore hari sempat tertunda. Menurut Pusdalops BPBD hal ini terjadi karena adanya longsoran susulan yang kembali terjadi saat pembersihan dilakukan. 

Tim dari BPBD sudah ditarik dari lokasi Tanjakan Sikelir dan operasi Penanganan Material Tanah Longsor dinyatakan selesai. Pada pukul 22.00 papan penutup jalan sudah dipinggirkan. 

Baca Juga: Gara-Gara Hilirisasi, Gibran Heran Ditertawakan Kubu Sebelah, Ini Menyepelekan, Gak Boleh....

Halaman:

Editor: Aris BRAVE

Sumber: BPBD Kecamatan Wanayasa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah