1.063 Siswa Pendidikan Non-Formal di Kabupaten Banjarnegara Terima Ijazah Kelulusan

- 4 Juli 2024, 12:15 WIB
Pj Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi menyerahkan secara simbolik ijazah kelulusan peserta didik nonformal
Pj Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi menyerahkan secara simbolik ijazah kelulusan peserta didik nonformal /akun X Pemkab Banjarnegara @pemkab_bna/@pemkab_bna

BANJARNEGARAKU.COM - Sebanyak 1.063 siswa yang mengenyam pendidikan non formal melalui program kesetaraan paket A, B, dan C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kabupaten Banjarnegara telah menerima ijazah kelulusan.

Pj Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi, menegaskan bahwa pencapaian ini mencerminkan upaya peningkatan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Banjarnegara.

Pendidikan non formal memegang peranan penting dalam percepatan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), salah satu indikator utamanya adalah rata-rata lama sekolah.

Baca Juga: Kejurnas Voli U17: Kalah dari Yuso, Baruna Banjarnegara Raih Posisi Melebihi Harapan

Pada kegiatan Penyerahan Ijazah Pendidikan Non Formal Tahun Ajaran 2023/2024 yang berlangsung di Pendapa Dipayudha Adigraha pada Rabu, 3 Juli, Muhamad Masrofi menekankan pentingnya kontribusi pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Banjarnegara, Teguh Handoko, menyampaikan bahwa dari total 1.063 lulusan, 143 di antaranya menyelesaikan kejar paket A, 351 lulus kejar paket B, dan 569 lulus kejar paket C.

Jumlah peserta didik dari 21 PKBM dan 1 SKB di Banjarnegara terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2022, siswa yang mengikuti pendidikan non formal berjumlah 3.819, kemudian meningkat menjadi 4.451 pada tahun 2023, dan mencapai 6.132 siswa pada tahun 2024.

Teguh Handoko menyatakan bahwa pendidikan non formal di PKBM dan SKB tidak dapat dianggap remeh, karena memiliki peran strategis dalam mendorong masyarakat untuk menempuh pendidikan.

Baca Juga: 5 Kecamatan di Banjarnegara dengan Jumlah Masjid Terbanyak

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Pemkab Banjarnegara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub