80 Orang Mustahiq Ikuti Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif, untuk Tingkatkan Taraf Ekonomi Keluarga

- 9 Juli 2024, 17:30 WIB
80 Orang Mustahiq Ikuti Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif, untuk Tingkatkan Taraf Ekonomi Keluarga./tim MJP
80 Orang Mustahiq Ikuti Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif, untuk Tingkatkan Taraf Ekonomi Keluarga./tim MJP /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Sebanyak 80 orang mustahiq (penerima zakat) mengikuti Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara. Pembukaan pelatihan berlangsung di Sasana Bakti Praja, Selasa 9 Juli 2024.

Adapun jenis pelatihan yang digelar bazna kali ini meliputi 4 kejuruan, yaitu : laundry, barbershop, teknisi las, dan pertukangan kayu.Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan baru guna meningkatkan ekonomi keluarga dan mengurangi kemiskinan.

Baca Juga: Nahkoda Baru PDPM Kebumen : Optimalisasi Pemuda Terus Bergerak, Kebumen Semakin Semarak

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Baznas H. Eko Juniadi menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Baznas Banjarnegara untuk membantu mustahiq keluar dari lingkaran kemiskinan.

80 Orang Muatahiq mengikuti Pelatihan Ekonomi Kreatif di Banjarnegara
80 Orang Muatahiq mengikuti Pelatihan Ekonomi Kreatif di Banjarnegara

"Melalui pelatihan ini, diharapkan para mustahiq dapat memperoleh keterampilan baru yang dapat mereka gunakan untuk membuka usaha dan meningkatkan penghasilan," jelas Eko Juniadi.

Pelatihan UEP ini dilaksanakan selama 3-10 hari, dengan materi yang berbeda-beda untuk setiap kejuruan. Para peserta yang telah diseleksi sesuai dengan kejuruannya masing-masing. Pelatihan las listrik dan tukang kayu dilaksanakan di lingkungan Dinas Tenaga Kerja, sedangkan pelatihan barbershop dan laundry dilaksanakan di gedung Baznas.

Baca Juga: Bagaimana Menjadi Pendukung yang Baik bagi Orang dengan Anxiety

Sementara itu, H. Suahardi Ahmad mewakili ketua Baznas mengatakan, Baznas menyediakan dana sebesar Rp 228 juta untuk pelaksanaan pelatihan UEP ini. Dana tersebut digunakan untuk membiayai pelatihan, konsumsi, dan peralatan bagi para peserta.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: tim MJP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub