Jadi Pelopor ODF, Desa Kasih Dapat Mobil Ambulans, Simak Berikut Ini

- 11 Juli 2022, 22:33 WIB
Jadi Pelopor ODF, Desa Kasih Dapat Mobil Ambulans
Jadi Pelopor ODF, Desa Kasih Dapat Mobil Ambulans /Dok Dinkominfo Purbalingga

BANJARNEGARAKU.COM - Pemkab Purbalingga melalui Bupati menyerahkan 1 unit mobil ambulans siaga kepada masyarakat Desa Kasih, Kecamatan Kertanegara, Senin 11 Juli 2022, di Lapangan Desa Kasih.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE BEcon MM mengungkapkan, pemberian ini didasari atas prestasi Desa Kasih yang mempelopori Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari kebiasan buang air besar sembarangan khususnya di Kecamatan Kertanegara.

"Jadi ambulans ini diberikan Desa Kasih ada alasannya. Tidak cuma-cuma, ada berbagai alasan, salah satunya Desa Kasih ini berprestasi.

Prestasi yang pertama, Desa Kasih adalah desa yang mempelopori ODF di Kecamatan Kertanegara," ungkap Bupati.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 3 SD MI Tema 2 Halaman 30, Tokoh dan Watak Dongeng Bunga Melati yang Baik Hati

Bupati menegaskan ODF merupakan komitmen masyarakat, baik untuk tidak buang air besar sembarangan, maupun penyediaan jamban di masing-masing rumah.

Dengan demikian akan tercipta sanitasi dan pola hidup yang bersih dan sehat. 

"Kalau misalnya nanti panjenengan menjumpai ada masyarakat yang BAB sembarangan sudah tidak boleh lagi dan nanti masyarakat yang belum punya jamban bisa lapor ke Bu Tiwi nanti akan langsung dikasih, supaya nanti rumahnya jadi rumah yang sehat dan keluarga yang sehat," katanya.

Bupati menambahkan, tidak hanya pelopor ODF, Desa Kasih juga sudah dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas (KB). 

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Humas Pemkab Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah