KPU Purbalingga Uji Publik Tiga Rancangan Dapil Pemilu 2024

- 15 Desember 2022, 07:55 WIB
KPU Purbalingga Uji Publik Tiga Rancangan Dapil Pemilu 2024
KPU Purbalingga Uji Publik Tiga Rancangan Dapil Pemilu 2024 /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, melakukan uji publik atas tiga rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, di Gedung Pertemuan Andrawina Owabong, Rabu 14 Desember 2022.

Ketua KPU Purbalingga, Eko Setiawan mengatakan uji publik penting dilaksanakan, untuk menghimpun masukan dan tanggapan dari para pemangku kepentingan.

Uji publik dihadiri Pejabat Forkopimda, kepala OPD, Camat, pengurus partai politik, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, dan sejumlah perwakilan masyarakat.

Baca Juga: Purbalingga Akan Gelar Purbalingga Expo 2022

“Berbagai masukan kami terima dan akan kami sampaikan ke KPU RI sebagai catatan agar bisa menjadi pertimbangan dalam menetapkan pembagian dapil pada Pemilu 2024,” ujarnya.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Purbalingga, Zamaahsari A. Ramzah mengatakan penataan Dapil meliputi beberapa prinsip, yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proposional, integritas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan.

Zamaahsari A. Ramzah merinci, tiga rancangan dapil dan alokasi yang diusulkan KPU Purbalingga, yakni rancangan pertama, Dapil Purbalingga 1 mencakup kecamatan Kemangkon, Bukateja, Purbalingga dengan 10 Kursi, Dapil Purbalingga 2 meliputi Kecamatan Kalimanah, Kutasari, Bojongsari, Padamara dengan 12 Kursi.

Baca Juga: Banjarnegara Kuatkan Pendidikan Pramuka Prasiaga, Songsong Generasi Indonesia Emas

Dapil Purbalingga 3 meliputi Kecamatan Mrebet, Bobotsari, Karangreja, Karangjambu dengan 10 Kursi. Dapil Purbalingga 4 meliputi Kecamatan Karanganyar, Karangmoncol, Rembang, Kertanegara dengan 10 Kursi. Dan Dapil Purbalingga 5 meluputi kecamatan Kejobong, Kaligondang, Pengadegan dengan 8 kursi.

“Rancangan pertama ini menggunakan komposisi dapil yang sama dengan Pemilu 2019. Perbedaannya adalah pernambahan kursi pada dapil satu, dua, tiga dan lima,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Nowo Sarwidi, S.Pd

Sumber: Dinkominfo Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub