Resmikan Gedung Perpusda Baru, Wabup Sudono: Harus Dorong Peningkatan Literasi

- 10 Maret 2023, 09:44 WIB
Resmikan Gedung Perpusda Baru, Wabup Sudono: Harus Dorong Peningkatan Literasi
Resmikan Gedung Perpusda Baru, Wabup Sudono: Harus Dorong Peningkatan Literasi /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Wakil Bupati Purbalingga Sudono berharap keberadaan gedung perpustakaan daerah yang baru ini, harus berdampak terhadap peningkatan minat baca dan literasi masyarakat. Menurutnya, hal itu sejalan dengan Misi ke 4 Kabupaten Purbalingga, yakni, peningkatan kualitas sumber daya manusia, utamanya adalah peningkatan derajat pendidikan.

https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4552716111294309

“Salah satu program untuk mewujudkan misi tersebut melalui program peningkatan literasi masyarakat. Gedung perpustakaan baru menjadi suatu kebanggaan bagi warga Purbalingga. Karena perpustakaan merupakan tempat belajar bagi masyarakat, ” kata Wabup Sudono dalam sambutanya pada acara peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga, Kamis 09 Maret 2023.

Baca Juga: Mahasiswa Curiga dan Geruduk Rektorat, Imbas Pemilihan Calon Rektor Undip Semarang yang Tertunda, Ada apa?

Wabup Sudono mengapreasiasi Perpusnas RI dan Dinarpus Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan bimbingan, dukungan, bantuan dan sinergitas yang terjalin selama ini. Khususnya, atas bantuan dari Perpustakaan Nasional RI, selama 3 tahun berturut, yaitu tahun 2019 untuk teknologi informasi dan komunikasi, tahun 2021 untuk sarpras dan tahun 2022 untuk gedung perpustakaan.

“Gedung ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat tahun anggaran 2022 dengan dana yang disediakan sebesar Rp. 9 miliar” kata Wabup Sudono.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando menyatakan Perpustakaan Umum Kabupaten Purbalingga diharapkan dapat menjadi ruang belajar terbuka bagi masyarakat. Perpustakaan diharapkan mampu menjadi tempat tutorial bagi masyarakat untuk belajar ketrampilan, kuliner dan wirausaha lainnya, sehingga kehadiran perpustakaan akan terasa manfaatnya oleh masyarakat.

https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4552716111294309

“Terutama ibu-ibu rumah tangga dan bapak-bapak rumah tangga yang perlu merubah pola perpustakaan yang tadinya orang datang membaca buku, menjadi tempat tutorial. Tutorial untuk pelatihan kerajinan, kuliner dan lainnya, ” jelas Syarif Bando.

Baca Juga: Kecamatan Rakit Sukses Gelar Lomba Literasi, SDN 1 Rakit Panen Prestasi 'Intip Hasil Selengkapnya'

Halaman:

Editor: Nowo Sarwidi, S.Pd

Sumber: Humas Pemkab Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah