Bupati Tiwi Gencar Tangkal Korupsi, Nilai MCP Purbalingga Naik

- 15 Maret 2023, 07:29 WIB
Bupati Tiwi Gencar Tangkal Korupsi, Nilai MCP Purbalingga Naik
Bupati Tiwi Gencar Tangkal Korupsi, Nilai MCP Purbalingga Naik /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM – Pemerintah Kabupaten Purbalingga meraih nilai capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) yang sangat memuaskan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MCP merupakan salah satu instrumen pencegahan korupsi dalam penyelenggaraan pemerintah yang dievaluasi secara berkala oleh KPK.

Pada surat dari KPK nomor B/1319/KSP.00/70-74/03/2023 tertanggal 7 Maret 2023 tentang Capaian MCP Tahun 2022, disebutkan Kabupaten Purbalingga mendapatkan nilai 96,47.

“Alhamdulillah hasil penilaian MCP dari KPK pada Tahun 2022 sangat baik, Kabupaten Purbalingga berada di peringkat ke 6 Provinsi Jawa Tengah dan peringkat ke 11 tingkat nasional,” ujar Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dalam keterangan persnya, Senin 13 Maret 2023.

Baca Juga: Shopee Ramadan Big Sale Jadi Promo Terbesar Se-Indonesia, Temani Pengguna Sambut Bulan Suci 2023

Padahal, imbuh Bupati Tiwi, pada 2021 Purbalingga berada di peringkat 30 Provinsi Jawa Tengah dan 162 pada tingkat nasional.

“Jadi, capaian ini adalah bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus berupaya untuk mewujudkan pemerintahan yang profesional, efektif, inovatif, bersih dan akuntabel,” ujarnya.

Sebagai informasi, nilai MCP diperolah dari hasil verifikasi pemenuhan bukti-bukti kelengkapan dokumen indikator program yang ditentukan KPK, seperti, penyelenggaraan APBD, perizinan, pajak daerah, aset daerah, kinerja dari Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP), juga pengelolaan dana desa.

Baca Juga: Terbaru! Ini Lokasi Samsat Keliling Banjarnegara Rabu 15 Maret 2023, Ada 3 Lokasi.. Berikut Jadwal Lengkapnya

Untuk mendorong pencapaian MCP, Pemkab Purbalingga melakukan berbagai langkah strategis. Diantaranya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampai ke tingkat kecamatan diwajibkan untuk menciptakan inovasi.

Pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga yang ke 192 kemarin, dilaunching 176 inovasi guna peningkatan pelayanan publik di seluruh sektor.

Halaman:

Editor: Nowo Sarwidi, S.Pd

Sumber: Humas Pemkab Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah