Antisipasi Kerusakan Tebing, Pekerjaan Sodetan Sungai Klawing Kembali Dilanjutkan

- 27 Maret 2024, 14:14 WIB
Antisipasi Kerusakan Tebing, Pekerjaan Sodetan Sungai Klawing Kembali Dilanjutkan./Dinkominfo Purbalingga
Antisipasi Kerusakan Tebing, Pekerjaan Sodetan Sungai Klawing Kembali Dilanjutkan./Dinkominfo Purbalingga /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) Yogyakarta kembali melanjutkan pekerjaan normalisasi Sungai Klawing pada Selasa 26 Maret 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga, Prayitno, mengatakan normalisasi Sungai Klawing dilakukan dengan pembuatan sodetan di wilayah Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang. Hal tersebut dilaksanakan sebagai penanganan darurat terkait kerusakan tebing sungai klawing di wilayah Kelurahan Bancar.

Baca Juga: Operasi Pekat Candi 2024, Polres Banjarengara Ungkap 14 Kasus

"Terdapat sedimentasi di belokan Sungai Klawing yang cukup luas dan banyak, sehingga perlu adanya sodetan agar bisa mengurangi aliran sungai yang mengarah ke dinding sungai yang dekat dengan pemukiman warga," katanya.

Prayitno menjelaskan pekerjaan akan menggunakan dua unit alat berat Excavator PC/200.

"Estimasi 39 hari pekerjaan dengan catatan kondisi cuaca baik dan kondusif serta aliran sungai tidak banjir. Panjang sodetan 350 meter dengan lebar atas 10 meter dan lebar bawah 6 meter" terangnya.

Baca Juga: Prakiraan Musim Kemarau BMKG untuk Kabupaten Banjarnegara, Terjadi El Nino

Baca Juga: Jelang Lebaran! Pj Bupati Banjarnegara Sidak Pasar Kota dan Toko Modern

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Purbalingga, Mukodam, mengatakan Pemerintah Kabupaten Purbalingga sudah melaksanakan audiensi dengan Kepala BBWS SO Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Dinkominfo Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x