Jagat Lengger Festival 2024, Upaya Memperluas Cakrawa Artistik dan Wacana Lengger Banyumasan

- 16 Juni 2024, 04:00 WIB
Jagat Lengger Festival 2024, Upaya Memperluas Cakrawa Artistik dan Wacana Lengger Banyumasan
Jagat Lengger Festival 2024, Upaya Memperluas Cakrawa Artistik dan Wacana Lengger Banyumasan /Prokopim Banyumas

BANJARNEGARAKU.COM - BANYUMAS - Tahun 2024 merupakan tahun ke-2 penyelenggaraan Jagat Lengger Festival (JLF) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

JLF tahun ini mengangkat tema “Indhang & Inang” untuk membicarakan seluk beluk proses kreatif penari lengger sebagai inang yang dalam wajah tradisi kebudayaan Banyumas kerap dikaitkan dengan keberadaan indhang.

Direktur Jagat Lengger Festival, Otniel Tasman mengatakan JLF tahun ke-2 terdiri dari serangkaian kegiatan yang dikonsep dengan tujuan edukatif, rekreatif serta kreatif.

Baca Juga: 7 Tips Masak Daging Kambing Idul Adha Tidak Bau Prengus untuk Semua Jenis Olahan, Pasti Pas di Rumah...

Rangkaian kegiatan dilangsungkan pada pertengahan Juni 2014, dimulai dengan program “Nyantrik” atau residensi seniman, dan “Ziarah Dariah” yang bermaksud mengaktivasi arsip secara rekreatif dengan menapaki jejak hidup Maestro Lengger, Dariah di Desa Plana, Kecamatan Somagede Banyumas.

“Puncak kegiatan JLF akan diadakan selama tiga hari, yakni 28-30 Juni 2024 di areal Kecamatan Banyumas. Pembeda di JLF tahun ke-2 ini, hasil kegiatan “Nyantrik” akan dipentaskan sebagai upaya kami mengeksplorasi tema Indhang & Inang dalam bentuk dukungan proses kekaryaan yang semoga memperluas cakrawala artistik dan wacana Lengger,” kata Otniel, Jumat 14 Juni 2024.

Kurator JLF, Febrian Adinata Hasibuan menambahkan JLF 2024 juga menghadirkan program baru “Ziarah Dariah”.

Kegiatan ini rekreatif dan edukatif, dimana sejumlah peserta akan tinggal di desa Plana, kampung tempat Dariah berproses kreatif sebagai lengger.

Peserta akan melihat secara langsung arsip-arsip Dariah (teks, audio, dan visual), bercengkrama dengan masyarakat sekitar membicarakan pengalaman hidup Dariah, dan mengunjungi situs yang pernah dikunjungi Dariah untuk merawat Indhang.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub