Tak Disangka, Buah Sekecil Itu Punya Segudang Manfaat hingga Sering Disebut dalam Hadis Nabi Muhammad SAW

- 13 Maret 2024, 17:04 WIB
ilustrasi Kurma. Tidak Disangka, Buah Sekecil Itu Punya Segudang Manfaat hingga Sering Disebut dalam Hadis Nabi Muhammad SAW
ilustrasi Kurma. Tidak Disangka, Buah Sekecil Itu Punya Segudang Manfaat hingga Sering Disebut dalam Hadis Nabi Muhammad SAW /SPA

BANJARNEGARAKU.COM - Siapa sangka buah kecil yang manis ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh manusia. Tak heran, buah ini sering disebut dalam hadis Nabi Muhammad Solallahu 'alaihi wassalam. Itulah buat kurma.

Salah satu hadis yang menyebutkan buah kurma adalah hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma, sebab kurma itu mendatangkan berkah. Namun apabila tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih."

Buah kurma bukan hanya lezat, tetapi juga menyediakan sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang kaya dan beragam, kurma dapat menjadi tambahan yang sangat berharga dalam diet sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah kurma secara teratur:

Baca Juga: Bulan Ramadhan Baru 2 Hari, Pemuda di Banjarnegara Dibekuk Polisi! Jual Bahan Peledak

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Meskipun tinggi kalori, kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Sebagian besar kalori kurma berasal dari karbohidrat, dengan tambahan protein yang memberikan nutrisi tambahan.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam kurma membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Konsumsi kurma secara teratur dapat mencegah konstipasi dan mempromosikan gerakan usus yang teratur.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: yankes.kemenkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah