Pahami! Ini Tiga Tanda Penyakit Jantung di Bagian Kaki, Tak Hanya Nyeri Dada...

- 12 April 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi  di bagian kaki. Pahami! Ini Tiga Tanda Penyakit Jantung di Bagian Kaki, Tak Hanya Nyeri Dada...
Ilustrasi di bagian kaki. Pahami! Ini Tiga Tanda Penyakit Jantung di Bagian Kaki, Tak Hanya Nyeri Dada... /Pixabay20/Pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Siklus hidup pasti akan diakhiri dengan kematian, dan salah satunya bisa jadi diawali dengan adanya penyakit dalam tubuh kita. Sedangkan, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Beberapa faktor yang memengaruhinya antara lain kadar kolesterol dari kebiasaan gaya hidup kita.

Dikutip banjarnegaraku.com dari PMJ News, seperti halnya di Inggris penyakit ini juga sama mematikannya, menyebabkan sekitar seperempat dari seluruh kematian. Sementara di Indonesia, kematian akibat penyakit kardiovaskular mencapai 651.481 penduduk per tahun.

Baca Juga: Saldo e-Toll Habis! Berikut ada 4 Tips Cara Mengatasinya Saat di Jalan Tol, Persiapan Mudik-Balik Lebaran

Ini bisa jadi sebuah catatan penting, biasanya orang menyadari beberapa gejala paling umum penyakit kardiovaskular seperti nyeri dada. Namun, ternyata ada pula gejala lain yang kurang dikenal salah satunya di bagian kaki.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD) ada tiga tanda bahaya masalah kardiovaskular yang dapat ditemukan pada kaki dan jari kaki. Seperti dikutip dari laman Express, Jumat 3 April 2024, berikut tiga gejalanya:

1. Ada Benjolan Menyakitkan di Jari Kaki

Benjolan di jari kaki ini disebut kelenjar Osler dan juga dapat menyerang jari tangan. AAD mengatakan jika seseorang menderita infeksi jantung yang dikenal sebagai endokarditis infektif, benjolan yang menyakitkan ini dapat berkembang di jari tangan, kaki, atau keduanya.

Baca Juga: Wonosobo Punya Gawe, Ada Festival Mudik! Digelar 11-21 April 2024, Terbangkan Balon Udara di 14 Lokasi

Benjolan itu bisa bertahan beberapa jam hingga beberapa hari. Meskipun benjolannya hilang dengan sendirinya, pasien memerlukan pengobatan untuk infeksinya.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah