Atlet Bulutangkis China Meninggal Mendadak, Pentingnya Penggunaan AED dalam Kondisi Darurat Medis

- 4 Juli 2024, 11:00 WIB
Alat Automated External Defibrillator atau AED.
Alat Automated External Defibrillator atau AED. /ANTARA/Pexels/Vladimir Srajber/

BANJARNEGARAKU.COM - Automated External Defibrillator (AED) merupakan alat penting dalam penanganan kedaruratan medis, terutama dalam kasus gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Belajar dari kasus kematian pebulu tangkis China yang meninggal mendadak saat pertandingan, penggunaan AED dirasa menjadi penting disediakan pada fasilitas umum.

Dilansir dari Antara bahwa dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Utojo Lubiantoro, SpJP (K), menekankan bahwa AED harus tersedia di setiap fasilitas umum, terutama di tempat-tempat olahraga yang sering mengadakan turnamen dengan intensitas tinggi.

Alat ini berfungsi sebagai rekam jantung EKG yang dapat mendeteksi ritme jantung pasien, sehingga petugas kesehatan bisa menganalisa langkah penanganan selanjutnya.

Jika terjadi gangguan pada irama jantung, seperti fibrilasi atau ventrikel takikardi, diperlukan tindakan kejut jantung dengan defibrillator.

Namun, jika detak jantung flat, tindakan resusitasi jantung paru (RJP) harus segera dilakukan untuk memberikan oksigen pada jantung. Penanganan yang cepat dalam 5-10 menit pertama sangat krusial untuk mencegah kerusakan otak dan kematian batang otak.

Dalam situasi darurat, deteksi kedaruratan seperti mengecek denyut nadi dan menggunakan AED sangat disarankan. Screening jantung secara rutin bagi atlet muda juga penting untuk memastikan tidak ada kelainan jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga: Intips Psikologi! Mengenal Sifat Asli Seseorang Bisa Lewat 10 Gaya Bercandanya, Cek DISINI!

Kronologi Kematian Pebulu Tangkis China Zhang Zhi Jie

Kasus kematian mendadak Zhang Zhi Jie, seorang pebulu tangkis asal China, terjadi saat bermain di BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 pada 30 Juni 2024.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub