Gunung Merapi Erupsi Berkali-kali Hari Ini, Guguran Awan Panas Sampai ke Kota Magelang

- 12 Maret 2023, 00:18 WIB
Tangkapan layar video luncuran awan panas Merapi
Tangkapan layar video luncuran awan panas Merapi /BPPTKG

BANJARNEGARAKU.COM - Hari ini Gunung Merapi mengalami erupsi berkali-kali, pada Sabtu, 11 Maret 2023 mulai pukul 12.12 WIB. Bahkan rentetan awan panas guguran menyebabkan hujan abu hingga sampai kota Magelang.

Erupsi Gunung Merapi pun tercatat hingga pukul 15.00 WIB telah terjadi 21 kali awan panas guguran dengan jarak luncur kurang lebih 4 km ke arah barat daya alur Kali Bebeng dan Krasak.

Diinformasikan bahwa saat awan panas berguguran, angin di sekitar Gunung Merapi bertiup ke arah barat laut-utara dan menyebabkan hujan abu di beberapa tempat. Hujan Abu banyak terjadi di sisi barat laut-utara Gunung Merapi hingga mencapai Kota Magelang.

Baca Juga: Gedung Perpustakaan Daerah, Upaya Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Purbalingga

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Malang Terkini pada 11 Maret 2023, Siaga Sejak 2020: Hari ini Merapi Erupsi Berkali-kali, Awan Panas Guguran Capai Kota Magelang.

Diketahui, untuk aktivitas erupsi dilaporkan terhitung masih tinggi, guguran lava teramati di minggu ini terjadi sebanyak 19 kali ke arah barat daya menuju hulu Kali Boyong, Kali Bebeng dan Kali Sat atau Putih dengan jarak luncur 1,2 kilometer.

Selanjutnya, suara guguran terdengar dari Pos Kaliurang dan Pos Babadan terjadi sebanyak 6 kali dengan intensitas kecil hingga sedang.

Baca Juga: Inspiratif! Siswa SMPN 1 Bawang Belajar Fun Cooking Implementasi Projek P5, Yuk Intip Kegiatannya

Dan dari dasar data Seismisitas dan deformasi, aktivitas vulkanik internal juga terpantau masih intens. Seismisitas internal gempa vulkanik dalam terjadi hingga 77 kali kejadian setiap hari.

Terjadi juga gempa vulkanik dangkal sebanyak satu kali per hari, gempa Multifase sebanyak enam kali per hari, dan tercatat gempa guguran terjadi sebanyak 44 kejadian per hari.

Halaman:

Editor: Nowo Sarwidi, S.Pd

Sumber: Malang Terkini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x