UKW Joglosemar, Amir: Bukti Kesungguhan PWI menjaga Harkat dan Martabat Wartawan

- 13 Maret 2023, 22:09 WIB
Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, Ketua PWI Solo Anas Syahirul Anam, dan Ketua PWI DIY Hudono berpose bersama perwakilan manajemen PT Semen Gresik
Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, Ketua PWI Solo Anas Syahirul Anam, dan Ketua PWI DIY Hudono berpose bersama perwakilan manajemen PT Semen Gresik /Dwi Widiyastuti/PWI Jateng

BANJARNEGARAKU  - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) segera digelar, 15-17 Maret 2023, di  di Gedung Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Seni dan Budaya, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. UKW dilaksanakan untuk menjaga harkat dan martabat wartawan. Wartawan harus menjalankan tugasnya sesuai dengan rambu-rambu yang ada. Untuk itu perlu uji wawasannya.

Tiga wilayah yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan yaitu  Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar). Sebanyak 52 wartawan dari wilayah tersebut akan mengikuti Uji UKW. 52 wartawan ini tentunya yang sudah mempunyai kriteria untuk bisa mengikuti UKW.

UKW dilaksanakan untuk meningkatkan mutu para jurnalis sehingga bisa mengikuti perkembangan zaman. Selain itu kode etik jurnalis harus dipahami agar berada dalam koridor yang benar dan tepat.

Baca Juga: Tidur Terganggu? 5 Cara Tidur Menjadi Berkualitas dan Sehat

UKW bersejarah di Indonesia, karena baru pertama kali digelar oleh tiga organisasi PWI (PWI Jawa Tengah, Solo, dan Yogyakarta)  ini didukung oleh PT Semen Gresik pabrik Rembang. Agenda ini juga sebagai upaya turut memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023.

Rencananya pembukaan agenda tersebut dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, serta manajemen Semen Gresik. Tak hanya itu, Ketua PWI Pusat Atal S Depari bersama Sekjen PWI Mirza Zulhadi dijadwalkan hadir.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS yang juga inisiator UKW Joglosemar menjelaskan, kegiatan kolaboratif tiga PWI ini bertujuan meningkatkan kualitas dan profesionalitas insan pers.

Harapannya, lanjut Amir, wartawan tak hanya kompeten dalam praksis berjurnalistik, namun memiliki kemampuan etis atau punya tanggung jawab sosial dalam bekerja. Dikatakannya, penyelenggaraan UKW Joglosemar berada pada momen yang tepat, karena saat ini dibutuhkan wartawan yang cerdas dan media waras dalam koridor Kode Etik Jurnalistik di tengah era digital, dan sebentar lagi menghadapi tahun politik pada 2024.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah