Wonosobo Mendunia! Festival Balon Udara jadi Ikon Wisata Unggulan, Diburu Ribuan Pengunjung

- 13 April 2024, 10:32 WIB
Karangluhur Ballon Culture Festival Digelar 2 Hari, 13 hingga 14 April 2024, meriahkan Festival Mudik Wonosobo
Karangluhur Ballon Culture Festival Digelar 2 Hari, 13 hingga 14 April 2024, meriahkan Festival Mudik Wonosobo /Dimas Disparbud Wonosobo

BANJARNEGARAKU.COM - WONOSOBO - Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah semakin medunia, dengan adanya festival mudik 2024 dan festival balon udara, digelar mulai 11 April hingga 21 April 2024 di 14 lokasi, menjadi daya tarik tersendiri, hingga diburu wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah pada momen lebaran 2024. 

Sabtu 13 April 2024, festival balon udara juga digelar di lapangan Karangluhur, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah yang bakal digelar selama 2 hari (13-14 April 2024-res), yang setiap harinya diikuti oleh 35 balon udara.

Festival balon udara Wonosobo menjadi ikon wisata unggulan, membuat Kabupaten Wonosobo semakin mendunia dan dikenal oleh masyarakat luas, hingga viral di berbagai media sosial.

Baca Juga: Amalan Sederana dan Sangat Berharga, Gus Baha: Cukup Lakukan Kebaikan dengan 2 orang ini!

Ratusan balon udara warna-warni berterbangan di langit Wonosobo, kesegaran alam dan pesona gunung menjadi pemandangan indah untuk wisatawan, mereka berswafoto untuk mengabadikan momen tahunan ini, maka tidak aneh, festival tersebut selalu ramai pengunjung hingga banyak wisatawan menilai suasananya mirip wisata balon udara Cappadocia, Turki.

Bedanya, balon udara milik masyarakat Wonosobo tidak dapat dinaiki wisatawan, dengan ketinggian terbang yang dibatasi maksimal 150 meter, dengan diameter balon sekitar 4 meter dan tinggi maksimal 7 meter.

Wonosobo Mendunia! Festival Balon Udara jadi Ikon Wisata Unggulan, Diburu Ribuan Pengunjung
Wonosobo Mendunia! Festival Balon Udara jadi Ikon Wisata Unggulan, Diburu Ribuan Pengunjung Dimas Disparbud Wonosobo

Yazid Al Fauzi Panitia Karangluhur Ballon Culture Festival menjelaskan peserta balon udara tidak hanya dari masyarakat Desa Karangluhur saja, melainkan komunitas balon udara di Kabupaten Wonosobo, bahkan ada yang dari luar kota seperti Magelang dan Yogyakarta.

"Kita gelar selama 2 hari, total da 70 balon udara, setiap harinya ada 35 balon udara, peserta dari komunitas balon udara Wonosobo, bahkan ada dari Magelang dan Yogyakarta," jelas Yazid.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah