Jurus Jitu Unisnu di Bawah Prof Abdul Djamil: Membangun SDM Berdaya Saing Global dan Berakhlakul Karimah

- 23 Juni 2024, 07:30 WIB
Rektor Unisnu Jepara Prof Abdul Djamil.
Rektor Unisnu Jepara Prof Abdul Djamil. /Ali A/

BANJARNEGARAKU.COM - JEPARA - Setelah dilantik sebagai Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara pada Selasa, 30 April 2024 lalu, Profesor Abdul Jamil mulai melakukan langkah-langkah tegas dalam memimpin lembaga pendidikan tinggi ini.

"Mengawali dari diri sendiri," kata alumnus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang yang telah dua periode menjabat sebagai rektor di almamaternya.

"Selain membudayakan shalat berjamaah di awal waktu bersama teman-teman, alhamdulillah saya juga mengajak mereka membaca Al Waqiah setiap hari," ujar Abdul Djamil, yang menjabat sebagai Rektor IAIN Walisongo Semarang dari 2003 hingga 2010.

Baca Juga: Meningkatkan Kesehatan dengan Minuman Herbal di Malam Hari Emang Bisa? Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar

"Hal ini tidak sempat saya lakukan saat di Jakarta."

Abdul Djamil juga pernah menjabat sebagai Kadiklat Litbang Kemenag RI serta Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam dan Dirjen Haji Kemenag (2010-2017). Menurutnya, secara geografis, posisi Unisnu Jepara sangat strategis.

"Jepara adalah kota dengan dua entitas menonjol yang relevan dengan kehidupan kampus. Pertama, sebagai kota industri dengan komoditi seperti mebel, tenun, kopi, dan perak yang telah berekspansi ke pasar internasional, terutama dalam industri mebel dan kain Troso."

Selain itu, Jepara memiliki garis pantai sepanjang 83 km yang sangat potensial untuk industri kemaritiman dan wisata. 

Baca Juga: Meriah! Ini Potret Event Banyumas 10 Ribu Lengger Bicara

"Pengelolaan kawasan pantai ini menjadi tantangan bagi dunia kampus dalam menyediakan tenaga profesional di bidang tersebut," jelasnya.

Halaman:

Editor: Taufik Hidayat PP

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub