Jagat Lengger Festival 2024 Menarik Wisatawan Asing Belajar Lengger Banyumas

- 3 Juli 2024, 15:30 WIB
Jagat Lengger Festival 2024 Menarik Wisatawan Asing Belajar Lengger Banyumas
Jagat Lengger Festival 2024 Menarik Wisatawan Asing Belajar Lengger Banyumas /Prokopim Banyumas

BANJARNEGARAKU.COM - Pagelaran seni tradisional yang dikemas dalam bentuk edukasi dan pertunjukan dalam Jagat Lengger Festival (JLF) 2024 di tahun kedua ini juga menarik wisatawan dan praktisi seni budaya dari dalam dan luar negeri.

Terbukti, pada puncak acara kegiatan JLF 2024 yang digelar di kompleks Taman Sari Kecamatan/Kabupaten Banyumas 28-30 Juni, puluhan warga negara asing maupun domestik ikut membaur bersama warga asli Banyumas.

Salah satunya adalah Juliana Menesis Cortonyo (30) dari Meksiko, mahasiswi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini sangat senang dapat menikmati tarian lengger di Kota asalnya, Banyumas.

Baca Juga: Daftar Negara yang Lolos ke Perempat Final Euro 2024 dan Jadwal Pertandingannya

"Saya merasa sangat senang, karena saya bisa menikmati tarian lengger di kota asal Banyumas. Ini pertama kali saya juga di Banyumas, jadi saya pikir suasana juga sangat menarik. Festival ini saya pikir sangat penting untuk bangun kesadaran budaya," kata Juliana di sela-sela penghujung acara Jagat Lengger Festival 2024, Minggu 30 Juni 2024 malam.

Mahasiswi yang mengambil jurusan Bahasa Indonesia di Universitas Sanata Dharma yang akan melanjutkan Pasca Sarjana Prodi Kajian Budaya ini mengaku jika dirinya sangat menyukai seni tradisi lengger.

Namun ia merasakan hal yang berbeda ketika tarian lengger disajikan langsung di Kota asalnya.

"Iya saya suka sekali lengger, dulu pernah saya melihat di Surakarta atau di Jogja, saya suka sekali. Saya tidak tahu bagaimana menjelaskan, tetapi ya itu sangat unik di dunia. Di sini, saya bisa mengalami suasana Banyumas," ujar Juliana.

JLF 2024 yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini fokus mengangkat seni tradisi lengger.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Prokopim Banyumas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah