Telaga Menjer Wonosobo, Danau Kawah Bekas Letusan Gunung Pakuwaja

- 9 Juli 2024, 09:00 WIB
View Telaga Menjer Bukit Seroja
View Telaga Menjer Bukit Seroja /banjarnegaraku.com/afif/

BANJARNEGARAKU.COM - Siapa sangka, di Kabupaten Wonosobo terdapat danau atau telaga bekas letusan Gunung Pakuwaja yang sekarang menjadi tempat yang indah. 

Terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah, Telaga Menjer menawarkan pesona alam yang memikat dan menenangkan jiwa.

Dilihat di Google Map, telaga cantik ini berjarak 11 km ke arah utara dari Alun-Alun Wonosobo. Jika kondisi jalan lancar, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan mobil dari Kota Wonosobo.

Dikutip dari Visit Jawa Tengah danau terluas di kaki Pegunungan Dieng ini merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata dengan Jembatan Kaca Paling Hits di Indonesia

Dengan kedalaman mencapai 45 meter, telaga ini menjadi primadona wisata alam bagi Anda yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota.

Selain untuk kegiatan pariwisata, telaga ini juga difungsikan sebagai sumber air Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Garung, Wonosobo.

Anda bisa menikmati telaga menjer dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola. Dengan menaiki perahu motor, Anda dibawa mengelilingi keindahan Telaga Menjer dari dekat.

Selain dengan naik perahu motor, menikmati Telaga Menjer bisa dengan menaiki Bukit Seroja yang menjulang di tepi Telaga Menjer. Anda akan disuguhi panorama Telaga Menjer dan bonus view Gunung Sindoro.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah