Malam Nisfu Syaban untuk Menyambut Ramadhan 2023, Ada 5 Amalan Bisa Dilakukan

- 7 Maret 2023, 10:13 WIB
Ilustrasi Nisfu Syaban. Malam Nisfu Syaban untuk Menyambut Ramadhan 2023, Ada 5 Amalan Bisa Dilakukan
Ilustrasi Nisfu Syaban. Malam Nisfu Syaban untuk Menyambut Ramadhan 2023, Ada 5 Amalan Bisa Dilakukan /Pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Ramadhan telah menjelang, tapi kapankah Nisfu Syaban dan malam Nisfu Syaban? Sedangkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah mengumumkan bahwa 1 Syaban 1444 H akan jatuh pada hari Rabu, 22 Februari 2023.

Oleh karena itu Nisfu Syaban atau tanggal 15 Syaban 1444 H akan datang pada Rabu, 8 Maret 2023, sehingga malam Nisfu Syaban akan terjadi pada hari Selasa, 7 Maret 2023 malam.

Dikutip Banjarnegaraku.com dari Malang Terkini pada 6 Maret 2023, 5 Amalan di Malam Nisfu Syaban untuk Sambut Ramadhan 2023.

Baca Juga: Pilih Mana..? Harga Beda Tipis, Pilih Avanza Bekas atau Calya Baru, Jangan Salah Pilih Simak Berikut Ini

Diketahui, malam Nisfu Syaban sering disebut juga dengan lailatul magfirah atau malam pengampunan, merupakan salah satu malam yang istimewa, di mana Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosa hamba-Nya. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan sunah di bulan ini.

Salah satu yang dianjurkan di bulan Syaban dalam menyambut Ramadhan adalah menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik.

Adapun Keistimewaan malam Nisfu Syaban adalah:

Syaban adalah bulan yang istimewa, kata syin, ain dan ba’ memiliki arti cabang. Satu riwayat menyebut bahwa dinamakan bulan Syaban karena didalamnya banyak sekali kebaikan.

Baca Juga: Terbaru! Ini Lokasi Samsat Keliling Banjarnegara Selasa 7 Maret 2023, Ada 3 Lokasi.. Berikut Jadwal Lengkapnya

Nisfu Syaban adalah salah satu bulan mulia yang memiliki keutamaan dalam peningkatan kualitas kehidupan umat muslim di dunia, baik secara individu maupun secara kemasyarakatan.

Halaman:

Editor: Nowo Sarwidi, S.Pd

Sumber: Malang Terkini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah