Kisah Sarang Laba-laba yang Kecoh Kaum Quraisy Saat Memburu Nabi Muhammad SAW

- 5 Juli 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi Gua Tsur dalam persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Ash-Shidiq
Ilustrasi Gua Tsur dalam persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Ash-Shidiq /Pixabay/nuzree/

BANJARNEGARAKU.COM - Dalam perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW terdapat kisah tentang sarang laba-laba yang mengecoh kaum Quraisy yang berusaha membunuh Nabi Muhammad SAW saat hendak hijrah dari Mekah ke Madinah.

Kisah hijrah Nabi Muhammad SAW tidak semudah yang dibayangkan. Banyak ujian dan tantangan yang dihadapi termasuk upaya pembunuhan oleh Kaum Quraisy hingga Nabi Muhammad SAW harus bersembunyi di sebuah gua yang dikenal dengan Gua Tsur.

Hanya sedikit orang yang mengetahui tempat persembunyian ini, yaitu Abdullah bin Abu Bakar, Aisyah dan Asma binti Abu Bakar, serta Amir bin Fuhairah.

Saat mengejar Nabi Muhammad SAW, Kaum Quraisy bertemu dengan seorang gembala dan bertanya apakah dia melihat Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya.

Gembala tersebut menjawab bahwa mungkin saja mereka ada di dalam gua, tetapi dia tidak melihat ada orang yang menuju ke sana.

Baca Juga: Tahun Baru Islam dan Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW

Salah satu kaum Quraisy mendekati mulut gua dan melihat ada sarang laba-laba utuh serta dua ekor burung di depan gua.

Ia berkesimpulan bahwa tidak mungkin ada orang di dalam gua tersebut karena sarang laba-laba dan burung tersebut menunjukkan bahwa sudah lama tidak ada yang keluar masuk gua.

Mereka tidak tahu bahwa di Gua Tsur, Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar sedang bersembunyi. 

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah