Longsor Kebutuhjurang Banjarnegara, Akses Ekonomi dan Pendidikan Putus Total

- 13 Mei 2022, 23:04 WIB
Petugas BPBD dan PMI Banjarnegara melakukan pengecekan lokasi dan asessment kejadian longsor di dusun Gobang RT 1 RW 3 Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan Jumat 13 Mei 2022
Petugas BPBD dan PMI Banjarnegara melakukan pengecekan lokasi dan asessment kejadian longsor di dusun Gobang RT 1 RW 3 Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan Jumat 13 Mei 2022 /doc. PMI Kabupaten Banjarnegara

BANJARNEGARAKU – Hujan deras disertai angin pada Jumat 13 Mei 2022 sore yang mengguyur wilayah Kecamatan Pagedongan dan sekitarnya mengakibatkan longsor di desa Kebutuhjurang.

Kades Kebutuhjurang sekaligus Ketua PMI Kecamatan Pagedongan Sujarwo mengatakan, tanah longsor terjadi pada pukul 15.10 WIB tepatnya di dusun Gobang RT 1 RW 3 Kebutuhjurang.

“Longsor mengancam rumah Mistoful (36 tahun) dan mengakibatkan akses utama ekonomi dan pendidikan lumpuh total,” ujarnya.

Baca Juga: Lagi! Kebakaran Rumah di Banjarnegara Akibat Human Eror, Berikut Selengkapnya

Lebih jauh dia menjelaskan, tebing yang longsor setinggi 6 meter dan lebar 10 meter terebut menutup akses utama desa penghubung dusun maron dan kembaran tertutup total.

“Di dusun maron ada SMP 1 Cokroaminoto, kemudian dikembaran ada SMPN 3 Pagedongan, MI dan TK, sehingga praktis kejadian sangat menganggu akses pendidikan masyarakat,” lanjut Sujarwo.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPBD Banjarnegara dan pihak terkait guna dilakukan penanganan secepatnya agar masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan lancar.

Baca Juga: Peringati May Day 2022, Buruh di Banjarnegara Ikuti Donor Darah

Sementara itu berdasarkan hasil pengecekan dan asessment dilokasi kejadian oleh petugas  BPBD dan PMI Banjarnegara, penanganan longsor akan dilaksanakan esok hari (Sabtu) dengan mengerahkan sejumlah relawan gabungan dengan mengerahkan alat berat.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x