Penyebab Cuaca Panas Sepekan Terakhir, Berikut Penjelasan BMKG

- 14 Mei 2022, 13:25 WIB
Ilustrasi suhu panas yang meningkat.
Ilustrasi suhu panas yang meningkat. /Pixabay/Geralt/

BANJARNEGARAKU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan suhu terik yang terjadi di wilayah Indonesia bukanlah fenomena gelombang panas.

Fenomena suhu udara terik yang terjadi belakangan ini dipicu oleh beberapa hal. Salah satunya, posisi semu matahari yang sudah berada di wilayah utara ekuador.

Hal ini menyebabkan pertumbuhan awan hujan yang sangat rendah didominasi cuaca cerah dan tingkat berawan yang rendah. Akibatnya, penerimaan sinar matahari ke permukaan bumi terjadi optimal.

Baca Juga: Seberapa Jawa Koe! Arti Kata Ngemplok Lengkap dengan Contoh Kalimat

Dominasi cuaca cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi, sehingga menyebabkan kondisi udara yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik di siang hari.

Penyebab Cuaca Panas Sepekan Terakhir sebagaimana dilansir banjarnegaraku.com dari laman Youtube True Media, berikut ulasan selengkapnya.

Cuaca panas dan gerah dirasakan oleh masyarakat selama sepekan terakhir. BMKG menjelaskan penyebab cuaca panas mendominasi beberapa wilayah Indonesia.

Baca Juga: Seberapa Jawa Kamu! Berikut Arti Betah, Disertai Contoh Kalimat Berbahasa Jawa

Mengapa akhir-akhir ini cuaca sangat panas? Kondisi iklim pada sejumlah daerah di Indonesia beberapa hari ini terasa berbeda dari biasanya.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x