Polisi Himbau Pengendara Sepeda Motor Tidak Pakai Sandal Jepit, Berikut Alasan Selengkapnya

- 15 Juni 2022, 15:15 WIB
Pengendara motor diimbau tidak menggunakan sandal jepit saat berkendara.
Pengendara motor diimbau tidak menggunakan sandal jepit saat berkendara. /Pixabay/Martin Fuhrmann

BANJARNEGARAKU – Berkendara menggunakan sepeda motor saat ini seakan menjadi sebuah budaya untuk menghemat pengeluaran dan memangkas waktu.

Menggunakan sepeda motor tidak hanya sekadar piawai mengoperasikan saja, baik matik maupun yang bergigi terlebih bagi yang berkopling, namun berkendara dibutuhkan etika berkendara yang baik.

Baru-baru ini, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau masyarakat tak lagi mengenakan sandal jepit saat mengendarai motor. 

Baca Juga: Dua Hari Pencarian, Warga Ampelgading Pemalang Ditemukan Meninggal Dunia, Berikut Selengkapnya

Dilansir dari sumber Korlantas Polri dalam berkendara sepeda motor, pengendara motor diminta untuk memilih mengenakan sepatu.

Tentu saja, tidak terkait dengan kerapian maupun sopan santun, adanya himbauan tersebut dikeluarkan demi keselamatan pengendara motor.

“Ini sudah komitmen kita mengajak masyarakat tentunya harus tertib dari diri kita sendiri dulu, masyarakat membantu dengan memunculkan kesadaran, mengajarkan hal-hal yang baik untuk anaknya dan yang paling mudah itu (dari) orang terdekat,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Bukateja Purbalingga Digegerkan dengan Penemuan Mayat Tanpa Identitas, Berikut Selengkapnya

Lebih jauh dia menjelaskan, Himbauan itu dikeluarkan dengan alasan mengutamakan keselamatan, karena jepitan sandal tidak dapat melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Jadi jangan kasih contoh dikira anaknya nggak ngerti bapaknya bilang deket aja Pak di situ, biar nggak pakai helm, naik motor pakai sandal jepit,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x