Nikah Dibawah Umur Bisa Sebabkan Stunting, Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo Beri Penjelasan Selengkapnya

- 19 Juli 2022, 14:25 WIB
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo Klarifikasi Terkait Potensi Stunting Dalam Pernikahan Muda/Tangkapan layar youtube @pikiranrakyat
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo Klarifikasi Terkait Potensi Stunting Dalam Pernikahan Muda/Tangkapan layar youtube @pikiranrakyat /Rendi Wirma Salas/Subangtalk

BANJARNEGARAKU.COM - Nikah dibawah umur bisa sebabkan stunting, pada artikel ini Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo akan berikan penjelasan selengkapnya.

Pernikahan di bawah umur memang masih banyak ditemukan Indonesia, Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo dalam acara KLARIFIKASI bersama Forum Pimred PRMN menyampaikan, pernikahan di bawah umur ini ternyata bisa menyebabkan banyak hal.

dr Hasto Wardoyo menyebutkan, salah satu hal yang muncul akibat adanya pernikahan di bawah umur adalah munculnya stunting.

Baca Juga: Stunting di Indonesia, Kepala BKKBN Ungkap Selain Makanan, Faktor Lingkungan Juga Sangat Berpengaruh!

Hasto menyampaikan, anak-anak yang belum cukup umur kemudian menikah sejatinya masih dalam masa pertumbuhan.

Namun saat mereka melakukan pernikahan kemudian hamil, maka mereka harus menumbuhkan anak yang dikandung mereka.

"Kontribusi dari kawin usia muda itu karena mereka itu sebenarnya masih tumbuh kemudian harus menumbuhkan orang lain dalam hal ini (anak yang dikandung)," jelasnya dalam acara KLARIFIKASI bersama Forum Pimred PRMN.

Baca Juga: Tiga Bentuk Alat Pembatasan Kecepatan Kendaraan Atau Polisi Tidur, Salah Satunya Speed Bump

Kata dia, saat seorang anak perempuan dalam usia pertumbuhan dan kemudian mengandung, maka kalsium dan gizi lainnya yang seharusnya untuk tumbuh kembang dirinya turut diserap oleh anak dalam kandungannya.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Klarifikasi PRMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x