Tanggul Irigasi Sungai BTW di Banjarnegara Jebol Genangi Kolam dan Lahan Pertanian Warga

- 21 Juli 2022, 14:43 WIB
, posisi jebolnya aliran irigasi berada di dusun Curug Wetan RW 3 desa Kincang, Kecamatan Rakit.
, posisi jebolnya aliran irigasi berada di dusun Curug Wetan RW 3 desa Kincang, Kecamatan Rakit. /doc. Masyarakat

BANJARNEGARAKU.COM – Warga desa Kincang, Kecamatan Rakit pada Kamis 21 Juli 2022 dibuat heboh dengan jebolnya aliran irigasi BTW.

Berdasarkan data yang diperoleh tim banjarnegaraku.com dari Pusdalops BPBD Banjarnegara, jebolnya aliran irigasi sungai terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan, posisi jebolnya aliran irigasi berada di dusun Curug Wetan RW 3 desa Kincang, Kecamatan Rakit.

Baca Juga: Breaking News! Warga Pingitlor Pandanarum Temukan Sesosok Mayat di Kebun

“Kamis pagi, dinding irigasi mengalami erosi dan menyebabkan tanggul penguat irigasi Jebol dengan kerusakan panjang 10 meter, lebar 4 meter dan tinggi 6 meter,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dampak dari kejadian tersebut mengakibatkan 1 hektar kolam milik warga tergenang dan meluap dan ikan berhamburan hilang terbawa arus.

Selain itu, jebolnya tanggul juga mengakibatkan lahan pertanian milik masyarakat seluas 0,5 hektar mengalami kerusakan karena tergenang air.

Baca Juga: Road Show ke Kecamatan Sigaluh, Pj Bupati Banjarnegara Berdialog dengan Kepala Desa

“Tanggul juga mengakibatkan 3 rumah warga tergenang dengan ketinggian sekitar 30 cm, dan beberapa perabot mengalami kerusakan,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x