Cegah Pelanggaran Pemilu! Bawaslu Bakal Kerjasama dengan Facebook hingga Instagram

- 22 Oktober 2022, 09:48 WIB
Ilustrasi Pemilu.
Ilustrasi Pemilu. /Antara/Andreas Fitri Atmoko/

BANJARNEGARAKU.COM - Berbagai upaya terus diantisipasi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), terutama dalam mengantisipasi potensi kecurangan maupun ujaran kebencian dalam Pemilu terutama pada tahapan kampanye.

Berbagai metode kampanye saat ini mulai merambah ke media siber terutama media sosial, melatarbelakangi hal tersebut Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jabar terus berupaya mengantisipasi potensi kecurangan maupun ujaran kebencian melalui media sosial.

Sebagaimana diungkapkan Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyakarat (P2M) Bawaslu Jabar, Zaki Hilmi, potensi pelanggaran dapat dilihat dari dua hal.

Baca Juga: Hari Santri Nasional Kapan Ditetapkan, Berikut Catatan Sejarahnya Secara Lengkap

Dua hal tersebut yakni pelanggaran administratif dan pidana. Kedua hal itu pun dapat mengenai peserta Pemilu yang resmi maupun masyarakat umum.

Zaki mengaku memiliki pengalaman terkait hal tersebut seperti peristiwa emak-emak yang viral belum lama ini. Walaupun dari segi hukum pidana telah ditangani oleh kepolisan unit khusus cyber crime atau kejahatan siber.

 Baca Juga: Mars Hari Santri, Berikut Liriknya Secara Lengkap dan Menjadikan Penyemat untuk Indonesia

Sebagaimana dikutip banjarnegaraku.com dari Pikiran-rakyat.com pada artikel berjudul Bawaslu Bakal Kerja Sama dengan Facebook hingga Instagram untuk Cegah Pelanggaran Pemilu yang diunggah pada 19 Oktober 2022.

Berikut pernjelasan Zaki Hilmi Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyakarat (P2M) Bawaslu Jabar, dalam Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Siber dalam Pengawas Pemilu 2024 di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Selasa, 18 Oktober 2022.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x