PMI Jawa Tengah Pasang 2 EWS di Lokasi Pergerakan Tanah Banjarnegara

- 1 November 2022, 20:00 WIB
Pemasangan alat deteksi pergerakan tanah ELWASI di desa Bantar kecamatan Wanayasa
Pemasangan alat deteksi pergerakan tanah ELWASI di desa Bantar kecamatan Wanayasa /doc. PMI Banjarnegara

BANJARNEGARAKU.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah memasang alat deteksi pergerakan tanah longsor di Banjarnegara pada Selasa, 1 November 2022

Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan pihaknya memasang dua unit alat pendeteksi longsor (elwasi) eling siaga lan waspada di dua desa terdampak yakni desa Bantar dan desa Suwidak Kecamatan Wanayasa.

"Ini merupakan respon cepat sesuai perintah dan arahan Bapak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pasca kunjungan ke lokasi pada Kamis 27 Oktober 2022 kemarin," ujarnya saat langsung terjun ke lapangan dan meninjau lokasi longsor.

Baca Juga: Keren! PMI Kebumen Luncurkan Aplikasi Bulan Dana 'Pertama di Indonesia'

Lebih jauh dia menambahkan, respon cepat dilakukan PMI Jawa Tengah dalam rangka persiapan cuaca ektrem yang kemungkinan masih terjadi pada beberapa bulan kedepan.

"EWS yang kami pasang disekitar lokasi pergerakan tanah dan diharapkan menjadikan deteksi dini jika terjadi pergerakan tanah," lanjutnya.

Pihaknya juga menambahkan, terpenting dari semuanya yakni edukasi dini kepada masyarakat serta kearifan lokal yang terus dipertahankan tentunya dengan mengenali tanda-tanda alam.

"Masyarakat Banjarnegara ini sudah harmonis sekali dengan longsor, dari 20 Kecamatan 18 diantaranya rawan longsor, didukung dengan gotong royong yang sangat kuat," tegas Sarwa Pramana.

Baca Juga: Innalillahi, Warga Sadeng Semarang di Temukan Meninggal Dunia di Waduk Jatibarang

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x