Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Berikut Wilayah di Indonesia yang Bisa Melihat Fenomena Tersebut

- 7 November 2022, 20:25 WIB
Apa yang Terjadi Ketika Gerhana Bulan Total
Apa yang Terjadi Ketika Gerhana Bulan Total /Screenshot

BANJARNEGARAKU.COM - Masyarakat di Indonesia besok dapat menyaksikan fenomena sekaligus peristiwa langka akan terjadi pada Selasa 8 November 2022 esok hari.

Gerhana bulan atau khusuful qamar diprediksi akan kembali terjadi dan dapat dilihat olah masyarakat.

Dilansir dari laman Kemenag RI, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa berdasarkan data astronomis, Gerhana bulan total (GBT) akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Ayo Ikuti Seleksi Pemain Persibara U17, Berikut Syarat dan Ketentuannya

"Insya Allah, pada 8 November 2022, akan terjadi Gerhana bulan total di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya pada Jumat 4 November 2022 kemarin.

Lebih jauh dia menjelaskan, Gerhana bulan Total akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB.

Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat GBT pada waktu puncak Gerhana, yakni 17:59 WIB.

Baca Juga: Naas! Warga Binaan di Rutan Batang Ditemukan Tewas Gantung Diri

Untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, GBT dapat dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17:16 WIB/18:16 WITA/19:16 WIT. 

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x