Satuan Komunitas Pramuka Wadah Kesamaan Profesi, Aspirasi Dan Agama 'Yuk Kenali Lebih Jauh'

- 14 November 2022, 06:39 WIB
ilustrasi Gerakan Pramuka
ilustrasi Gerakan Pramuka /doc. Kwarnas

BANJARNEGARAKU.COM - Gerakan Pramuka dalam menjalankan fungsinya sebagai organisasi pendidikan non-formal di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga.

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai upaya untuk mencapai tujuan seperti yang dirumuskan di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Upaya untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka diarahkan pada pendidikan dan pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

Pendidikan dilakukan melalui kegiatan yang dijalankan dengan praktek secara praktis yang dilandasi sistem among, Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Kiasan Dasar.

Baca Juga: Hanya di Dieng, Revo Gendong Thunder Lintasi Perbukitan Negeri Atas Awan Jadi Viral Seperti Superman

Untuk menunjang usaha-usaha tersebut, maka Kwartir nasional, Kwartir daerah dan Kwartir cabang dapat membentuk satuan komunitas pramuka.

Satuan Komunitas (Sako) sebagai organisasi pendukung yang berfungsi menghimpun dan mengkoordinasikan kegiatan gugusdepan berbasis profesi, aspirasi, atau agama, baik yang berada di satuan pendidikan maupun yang berada di komunitas.

Dalam melaksanakan kegiatannya, satuan komunitas pramuka dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk tercapainya tujuan pendidikan Gerakan Pramuka.

Baca Juga: MAN 2 Banjarnegara Siap Terbang Tinggi, Cetak 21 Pramuka Garuda 'Generasi Tangguh dan Kreatif'

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah