Dieng Pernah Menyimpan Sejarah Memilukan, 147 Warga Desa Kepucukan Meninggal Dunia

- 16 Januari 2023, 10:37 WIB
Gunung Dieng yang terletak di Jawa Tengah dinaikkan statusnya dari Level I normal menjadi Level II waspada.
Gunung Dieng yang terletak di Jawa Tengah dinaikkan statusnya dari Level I normal menjadi Level II waspada. /PVMBG/

BANJARNEGARAKU.COM - Dieng yang sering disebut sebagai negeri atas awan, dibalik keindahan  alamnya, ternyata Dieng menyimpan kisah pilu yang dahulu pernah ada sampai saat ini masih membekas dihati melalui berbagai cerita yang selalu turun temurun.

Seperti diketahui, kawasan dataran tinggi Dieng merupakan suatu komplek gunung api aktif tipe A, yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, dan Batang, Jawa Tengah.

Secara morfologi, gunung itu memiliki beberapa kawah dan lapangan fumarola yang saat ini masih aktif seperti kawah timbang dan kawah sileri yang sering kali mengalami peningkatan aktivitas dan erupsi.

Kisah yang menggemparkan dan memakan banyak korban jiwa tersebut menjadi saksi sejarah akan dahsyatnya fenomena alam di negeri atas awan Dieng.

Baca Juga: Gunung Dieng Naik Level Jadi Waspada, Masyarakat Dihimbau Jauhi Kawah Sileri

Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif yang ditandai dengan terdapatnya beberapa kawah aktif, seperti kawah Sikidang, kawah Sileri dan kawah Candradimuka, kawah Timbang dan kawah Sinila.

Dengan kondisi tersebut, maka tak jarang terjadi letusan kecil di salah satu kawah tersebut, termasuk yang saat ini sedang terjadi yakni peningkatan status dari sebelumnya Level I (Normal) kini menjadi Level II (waspada).

PVMBG memberikan pengumuman tersebut pada Jumat, 13 Januari 2023 pukul 23.00 WIB, selain itu, beberapa rekomendasi jga dikeluarkan oleh PVMBG yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini dalam keterangan tertulisnya.

Sejatinya, letusan kawah di Dataran Tinggi Dieng tidak hanya terjadi pada saat ini saja namun acap kali terjadi.

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x