Tol Fungsional Gratis untuk Mudik Lebaran 2023, Kementerian PUPR Buka 11 Ruas Jalan...

- 13 April 2023, 23:41 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran 2023.
Ilustrasi mudik Lebaran 2023. /Antara/Novrian Arbi/

BANJARNEGARAKU.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menetapkan tarif gratis bagi semua jalan tol yang berstatus fungsional selama lebaran 2023, Hal ini sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dijelaskan Basuki, bahwa untuk seluruh ruas tol fungsional bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma khusus untuk arus mudik dan balik pada Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Baca Juga: Densus 88 Ungkap Terduga Teroris di Lampung, 2 Tewas dan 3 Lainnya dalam Pengejaran

“Yang fungsional lainnya, seperti yang disampaikan Bapak Presiden, semua tol yang fungsional agar dimanfaatkan,” kata Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip, 13 April 2023.

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com pada 13 April 2023, Tol Fungsional Gratis selama Mudik Lebaran 2023, Kementerian PUPR Buka 11 Ruas yang Bisa Dimanfaatkan.

Diketahui bahwa jalan tol fungsional adalah jalan bebas hambatan darurat yang dibuka sementara untuk mendukung kelancaran transportasi masyarakat pada waktu-waktu tertentu, dengan pertimbangan kondisi dan pelaksanaan konstruksi di lapangan.

Baca Juga: Pramuka Banjarnegara Wajib Tahu Siapakah Bapak Pramuka Indonesia, Cek Fakta dan Sejarahnya

Ditambahkan Basuki, Dengan adanya jalan tol berstatus fungsional, para pemudik nantinya terfasilitasi sehingga tidak perlu mengeluarkan sepeserpun biaya ketika melewati ruasnya.

“Kalau fungsional semua gratis. Tol Cisumdawu yang operasional cuma Sumedang sampai Cimalaka, setelah itu gratis semua kalau difungsionalkan tidak ada tarifnya,” kata Basuki Hadimuljono.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pikiran Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x