Rusia Klaim Rebut Kota Bakhmut, Ukraina Tegaskan Pertempuran Terus Berlanjut

- 21 Mei 2023, 06:36 WIB
Ilustrasi prajurit Ukraina naik di atas tank di jalan menuju kota garis depan Bakhmut, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di wilayah Donetsk, Ukraina.
Ilustrasi prajurit Ukraina naik di atas tank di jalan menuju kota garis depan Bakhmut, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di wilayah Donetsk, Ukraina. /REUTERS/Sofiia Gatilova/

BANJARNEGARAKU.COM - Kepala tentara bayaran Rusia, Yevgeny Prigozhin mengatakan pada Sabtu 20 Mei 2023 waktu setempat bahwa para pejuang Wagnernya telah merebut kota Bakhmut.

Namun Ukraina menolak klaim tersebut dan mengatakan pertempuran masih terus berlangsung.

Prigozhin membuat klaim tersebut dalam sebuah video di mana dia muncul dengan seragam tempur di depan barisan pejuang yang memegang bendera Rusia dan spanduk Wagner.

"Hari ini, jam 12 siang, Bakhmut diambil habis-habisan. Kami benar-benar merebut seluruh kota, dari rumah ke rumah," ungkap Prigozhin, dilansir Banjarnegaraku.com dari Reuters.com, Minggu 21 Mei 2023.

Namun Juru bicara militer Ukraina Serhiy Cherevatyi menegaskan bahwa klaim Rusia tersebut tidak benar: "Ini tidak benar. Unit kami berperang di Bakhmut," uangkap Cherevatyi.

Baca Juga: Founder Rumah Baca Purnama Berbagi Buku di Bazar Sembako Murah

Diketahui, Bakhmut telah menjadi fokus pertempuran terpanjang dan paling berdarah dari perang Rusia di Ukraina, yang hampir mencapai akhir bulan ke-15.

Ledakan jauh terdengar di latar belakang saat Prigozhin berbicara selama video, di mana dia mengatakan pasukannya akan mundur dari Bakhmut mulai 25 Mei untuk istirahat dan pelatihan ulang, menyerahkan kendali kepada tentara reguler Rusia.

Dalam video itu, Prigozhin mengejek Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Presiden AS Joe Biden, yang mengambil bagian dalam KTT G7 di Jepang pada Sabtu 19 Mei 2023 di mana perang Ukraina menjadi perhatian para pemimpin dunia.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x