Pasar Respons Hasil KTT G7 di Jepang, China Diperkirakan Pertahankan Suku Bunga

- 22 Mei 2023, 07:42 WIB
Ilustrasi kantor Bank Rakyat China atau bank sentral People's Bank of China (PBoC) di Beijing, China.
Ilustrasi kantor Bank Rakyat China atau bank sentral People's Bank of China (PBoC) di Beijing, China. /REUTERS/Tingshu Wang/

 

BANJARNEGARAKU.COM - Bank Rakyat China atau bank sentral People's Bank of China (PBOC) diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pinjaman utama pada Senin 22 Mei 2022 ini.

Para pelaku pasar di Asia merespons implikasi dari hasil pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Hiroshima, Jepang, pada 19-21 Mei 2023 terhadap China dan situasi tegang dan cair di Washington mengenai kebuntuan plafon utang Amerika Serikat (AS).

 Melihat proyeksi pasar minggu ini, pendorong utama untuk pasar Asia kemungkinan besar adalah keputusan kebijakan di Selandia Baru, Korea Selatan, dan Indonesia, angka inflasi dari Singapura dan Malaysia, serta angka pengangguran dan penjualan ritel Jepang.

Baca Juga: Perusahaan Crypto Bangkrut Miliki NFT yang Terjual Rp37,3 Miliar di Rumah Lelang Sotheby's

Dalam komunike bersama mereka pada Sabtu 20 Mei 2023, para pemimpin G7 mengatakan mereka ingin "mengurangi risiko, bukan memisahkan" keterlibatan ekonomi dengan China. Mereka juga tidak berpaling ke dalam, dan juga tidak ingin menghambat pembangunan ekonomi China.

Tetapi pasar China telah melemah tajam dalam beberapa pekan terakhir karena indikator ekonomi telah jatuh cukup dalam, dengan latar belakang kekuatan utama dunia tampaknya mempertimbangkan kembali strategi investasi jangka panjang mereka terhadap China.

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Reuters, Senin 22 Mei 2023, yuan China telah jatuh melalui penghalang 7,00 per dolar AS tetapi tidak mungkin untuk mendapatkan dukungan kebijakan segera, karena PBOC diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pinjaman satu tahun dan lima tahun tidak berubah pada Senin ini pada masing-masing 3,65% dan 4,30%.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x