Wajib Tahu Para Pengguna KRL, KA Cepat! Gapeka 2023 Diberlakukan 1 Juni, Kereta Cepat Perjalanan Singkat

- 25 Mei 2023, 05:13 WIB
Kereta api akan secepat kilat dengan adanya Gapeka 2023 yang akan diluncurkan 1 Juni 2023
Kereta api akan secepat kilat dengan adanya Gapeka 2023 yang akan diluncurkan 1 Juni 2023 /Dwi Widiyastuti/Tangkap Layar

BANJARNEGARAKU – JAKARTA - Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai berlaku mulai 1 Juni 2023. Layanan KRL Commuter Line juga akan mengalami penyesuaian pelayanan perjalanan dengan adanya sistem ini.

Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api. Mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Semula untuk pelayanan operasional perjalanan Commuter Line bertambah 61 perjalanan. Berlahan akan ada 100 rangkaian kereta api yang akan beroperasi untuk KRL Commuter Line.

Baca Juga: Rahasia Orang China dalam Mengatur Keuangan, Cepat Kaya dan Jauh dari Hutang

"Pelayanan Commuter Line akan bertambah 61 perjalanan, sehingga menjadi 1.232 perjalanan dengan secara bertahap akan mengoperasikan 100 trainset per harinya," ungkap VP Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba dalam keterangannya, dikutip Minggu (21 Mei 2023).

Anne melanjutkan di lintas pelayanan KRL Bekasi akan ada penambahan sebanyak 44 perjalanan untuk relasi Cikarang/Bekasi - Kampung Bandan via Manggarai maupun via Pasar Senen Sementara itu, di lintas pelayanan KRL Tanjung Priok akan mengalami penambahan 14 perjalanan.

Penambahan perjalanan juga dilakukan di lintas pelayanan KRL Tangerang dengan jumlah penambahan 8 perjalanan. Selanjutnya, di lintas pelayanan KRL Bogor terdapat 6 tambahan perjalanan.

Baca Juga: Samsat Keliling Banjarnegara Kamis 25 Mei 2023, Ada di 3 Lokasi Berikut Jadwal Lengkapnya


Tidak hanya penambahan perjalanan, untuk headway atau waktu tunggu pemberangkatan dan peningkatan rata-rata kecepatan perjalanan juga terdapat penyesuaian.

Penambahan tadi akan mengubah waktu tunggu yaitu KRL Bekasi menjadi 9 menit dari sebelumnya 12 menit. Lalu, di KRL Rangkasbitung waktu tunggu menjadi 12 menit yang sebelumnya 14 menit.

Sementara untuk KRL Tangerang Lin Tanjung Priok waktu tunggu yang semula masing-masing selama 20 menit menjadi 18 menit.

Peningkatan pelayanan juga dilakukan pada Gapeka 2023 ini dengan menambahkan dukungan sarana pada lintas pelayanan KRL Cikarang. Ada tambahan rangkaian kereta yang digunakan untuk KRL Cikarang, dari awalnya hanya 7 rangkaian menjadi 28 rangkaian.


Baca Juga: Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan Diluncurkan di Batur Banjarnegara

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: PT KCI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x