Rusia Lepaskan Serangan Drone Terbesar di Ibu kota Ukraina Menjelang Perayaan Kyiv Day

- 29 Mei 2023, 07:48 WIB
Asap mengepul di langit di atas kota Kyiv, Ukraina, setelah serangan drone Rusia, pada Minggu 28 Mei 2023.
Asap mengepul di langit di atas kota Kyiv, Ukraina, setelah serangan drone Rusia, pada Minggu 28 Mei 2023. / REUTERS/Gleb Garanich/

 

BANJARNEGARAKU.COM - Rusia melepaskan serangan udara ke Kyiv, ibu kota Ukraina pada Minggu 28 Mei 2023 malam.

Para pejabat Ukraina menyatakan Rusia melakukan serangan udara menggunakan drone atau pesawat tak berawak itu merupakan terbesar di kota Kyiv sejak dimulainya perang.

Rusia melakukan serangan udara itu saat warga ibu kota Ukraina bersiap untuk merayakan Kyiv Day atau hari ulang tahun kota Kyiv pada Minggu 28 Mei 2023.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan telah menjatuhkan 52 dari 54 drone yang diluncurkan Rusia, menyebutnya sebagai rekor serangan dengan drone 'kamikaze' buatan Iran. Belum jelas berapa banyak drone yang ditembakkan di atas Kyiv.

Baca Juga: Rusia Klaim Rebut Kota Bakhmut, Ukraina Tegaskan Pertempuran Terus Berlanjut

Dalam apa yang juga tampaknya menjadi serangan mematikan pertama di Kyiv pada Mei dan serangan ke-14 bulan ini, puing-puing yang berjatuhan menewaskan seorang pria berusia 41 tahun, kata Walikota Vitali Klitschko.

Serangan menjelang fajar terjadi pada hari Minggu terakhir bulan Mei ketika ibu kota merayakan Kyiv Day, peringatan pendirian resminya 1.541 tahun lalu. Hari itu biasanya ditandai dengan pameran jalanan, konser langsung, dan pameran museum khusus - rencana yang telah dibuat tahun ini juga, tetapi dalam skala yang lebih kecil.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x