Megawati Kembali Kritisi Penggemar K-pop, Indonesia Kaya Seni yang Luar Biasa

- 14 Mei 2024, 12:00 WIB
Megawati ketua umum PDIP dan Presiden RI kelima
Megawati ketua umum PDIP dan Presiden RI kelima /Brave/Pikiran Rakyat

BANJARNEGARAKU.COM - Penggemar musik pop Korea yang sering disebut K-pop terus bertambah secara global. Korean Foundation atau KF, jumlah penggemar K-Pop secara global mencapai 178 juta orang pada tahun 2022.

Hal yang serupa berlaku di Indonesia. Pertumbuhan penggemar K-pop mengkhawatirkan bagi Megawati Soekarnoputri. Hal ini membuat Mega berpesan agar anak-anak muda tidak melupakan kebudayaan dan kesenian bangsa Indonesia.

Pada acara Pesta Kesenian Bali ke-45 tahun 2023 di Denpasar, Minggu 18 Juni 2023, pernah memperingatkan supaya anak muda tidak lupa seni budaya bangsa Indonesia. 

Baca Juga: Pindah FKTP BPJS Kesehatan Berdasarkan Perpres Nomor 59 Tahun 2024, Berikut Aturan Lengkapnya....

"Jadi anak-anak, itu tolonglah, kalian mau senang dengan K-Pop, dengan Rock, dengan Hiphop dan lain sebagainya, tidak apa-apa. Tapi, jangan, jangan sekali-sekali, tidak mencintai yang namanya seni kita, Indonesia Raya," kata Megawati. 

Pesan yang sama kembali diungkapkan saat kunjungan di pameran seni Butet Kertaradjasa di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat pada Senin 13 Mei 2024. 

"Saya juga suka K-Pop, cucu saya semuanya senang, saya senang, tapi kan tidak menghargai seperti ini (karya Butet). Budaya Indonesia Nusantara itu luar biasa. Harus diambil dari Bhineka Tunggal Ika kita," kata Ketua Umum PDIP Megawati yang hadir bersama beberapa jajarannya. 

Baca Juga: Catat! Bakal Comeback Juni 2023 Deretan Idol K-Pop Idolamu, Ada Taeyong NCT hingga ATEEZ

Megawati tidak menampik bahwa dia dan cucu juga menyukai K-pop. Dia mengingatkan bahwa keluarganya adalah keluarga seni. 

Halaman:

Editor: Aris BRAVE

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah