Peserta BPJS Wajib Tahu! Ada 21 Pelayanan Kesehatan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan 2024, Cek Daftarnya..

- 18 Mei 2024, 22:20 WIB
Peserta BPJS Wajib Tahu! Ada 21 Pelayanan Kesehatan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan 2024, Cek Daftarnya..
Peserta BPJS Wajib Tahu! Ada 21 Pelayanan Kesehatan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan 2024, Cek Daftarnya.. /ilustrasi/

BANJARNEGARAKU.COM - Banyak peserta BPJS Kesehatan yang saat ini ingin mengetahui apa saja daftar layanan kesehatan yang tidak akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan di tahun ini. Diketahui, ada 21 pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan tahun 2024 ini, cek daftarnya disini.

Hal ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2024 yang telah resmi diputuskan, ini tentang Perubahan Ketiga Atas Peraaturan Presisden Nomor 82 Tahun 2028 tentang Jaminan Kesehatan.

Baca Juga: Resmi Dilantik! 90 Anggota PPK Purbalingga, KPU dan Bupati Tekankan Integritas dan Sinergi

Dikutip banjarnegaraku.com dari beritadiy.pikiran-rakyat.com, salah satu yang diatur dalam Perpres ini yaitu diperkenalkannya istilah KRIS atau Kelas Rawat Inap Standar yang merupakan standar minimun pelayanan rawat inap yang akan diterima oleh peserta.

Sedangkan, kriteria fasilitas ruang perawatan berdasarkan KRIS paling tidak terdiri dari komponen bangunan tidak boleh memiliki tingkat porositas yang tinggi, ventilasi udara, pencahayaan ruangan, kelengkapan tempat tidur, nakas per tempat tidur, temperatur ruangan, ruang rawat dibagi berdasarkan jenis kelamin, anak atau dewasa serta penyakit infeksi atau noninfeksi.

Lalu, kepadatan ruang rawat dan kualitas tempat, tirai atau partisi tempat tidur, kamar mandi dalam ruangan, dan outlet oksigen. Selain KRIS, Perpres juga menetapkan sejumlah layanan kesehatan yang tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan 2024.

Baca Juga: Resep Kampungan: Sup Kembang Kol Polosan

Berikut ini 21 daftar pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan tahun 2024.

Berikut jenis layanannya berdasarkan Perpres Nomor 59 Tahun 2024 tersebut:

1. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: beritadiy.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah