Ketua KPU RI Dipecat Gegara Kasus Asusila, Begini Kronologinya

- 4 Juli 2024, 09:40 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy'ari dipecat DKPP karena terbukti asusila.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari dipecat DKPP karena terbukti asusila. /tangkap layar ig kpu ri/

BANJARNEGARAKU.COM - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI secara resmi memecat Hasyim Asy'ari dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Bagaimana kronologinya? Apa tanggapan korban atas putusan DKPP tersebut? Simak artikel berikut.

Keputusan ini merupakan puncak dari serangkaian persidangan terkait dugaan pelanggaran asusila yang dilaporkan oleh Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum dan Pilihan Penyelesaian Sengketa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH-PPS FH UI) dan Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK).

Dilansir dari Antara bahwa kasus ini bermula ketika pada 18 April 2024, Hasyim Asy'ari dilaporkan oleh LKBH-PPS FH UI dan LBH APIK atas tuduhan melakukan pelanggaran etik dengan memanfaatkan posisinya untuk memuaskan hasrat seksualnya.

Menurut kuasa hukum korban, tindakan Hasyim tersebut jelas melanggar kode etik berdasarkan Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilihan Umum.

Baca Juga: Jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, KPU Banjarnegara Segera Lakukan Pembentukan Pantarlih

Sidang pertama untuk kasus ini digelar pada Rabu, 22 Mei 2024, pukul 14.10 WIB, dan berlangsung hingga sekitar pukul 17.15 WIB. Dalam sidang ini, berbagai bukti dan saksi dihadirkan untuk mendukung pengaduan yang diajukan oleh pihak korban.

Sidang kedua sekaligus terakhir diadakan pada Kamis, 6 Juni 2024. Sidang dimulai pukul 09.00 WIB dan selesai pada pukul 12.45 WIB. Dalam persidangan ini, Hasyim Asy'ari hadir secara daring melalui aplikasi Zoom. Sidang ini menjadi momen penentu dalam perjalanan kasus ini.

Pada hari Rabu, dalam sidang pembacaan putusan di Kantor DKPP RI, Jakarta, Ketua DKPP RI Heddy Lugito membacakan keputusan untuk menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Hasyim Asy'ari sebagai Ketua merangkap anggota KPU RI. Keputusan ini efektif sejak putusan dibacakan.

CAT, korban dalam kasus ini, menyatakan apresiasinya atas keberanian DKPP RI dalam mengambil keputusan yang adil. Dalam pernyataannya di Kantor DKPP RI, CAT menyebut bahwa proses yang dilaluinya sangat sulit dan penuh tantangan, namun berkat pendampingan dari kuasa hukumnya, ia berhasil mendapatkan keadilan.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub