25 Contoh Soal Essay IPA Kelas 10 SMA MA dan Kunci Jawaban: Topik C Akumulasi Bahan Pencemar Rantai Makanan

- 20 Januari 2024, 11:33 WIB
25 Contoh Soal Essay IPA Kelas 10 SMA MA dan Kunci Jawaban: Topik C Akumulasi Bahan Pencemar dalam Rantai Makanan
25 Contoh Soal Essay IPA Kelas 10 SMA MA dan Kunci Jawaban: Topik C Akumulasi Bahan Pencemar dalam Rantai Makanan /Pexels.com / Ron Lach/

BANJARNEGARAKU.COM – Artikel ini berisi 25 contoh soal essay IPA kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Materi Persiapan UH, PTS, PAS, PAT maupun Sumatif. Bab 5 Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Topik C Akumulasi Bahan Pencemar dalam Rantai Makanan, essay, dan kunci jawaban.

Penyusunan 25 contoh soal essay IPA kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Materi Persiapan UH, PTS, PAS, PAT maupun Sumatif. Bab 5 Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Topik C Akumulasi Bahan Pencemar dalam Rantai Makanan, essay, dan kunci jawaban, ini dilansir Banjarnegaraku.com dari Buku Biologi Kelas 10 SMA MA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kali ini, 25 contoh soal essay IPA kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Materi Persiapan UH, PTS, PAS, PAT maupun Sumatif. Bab 5 Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Topik C Akumulasi Bahan Pencemar dalam Rantai Makanan, essay, dan kunci jawaban ini juga berdasarkan penjelasan narasumber Leni Nurindah, S.Pd, alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

25 contoh soal IPA kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Materi Persiapan UH, PTS, PAS, PAT maupun Sumatif. Bab 5 Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Topik C Akumulasi Bahan Pencemar dalam Rantai Makanan, essay, dan kunci jawaban ini dapat adik-adik pelajari untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan selama proses pembelajaran.

Baca Juga: 25 Contoh Soal IPA Biologi Kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Topik C Akumulasi Bahan Pencemar Rantai Makanan

1. Jelaskan secara rinci mengapa pengelolaan limbah industri yang tidak terkontrol dapat memperburuk biomagnifikasi dalam ekosistem. Berikan contoh dampak dari limbah industri pada rantai makanan dan cara pengelolaan yang efektif dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Jawaban:
Pengelolaan limbah industri yang tidak terkontrol dapat memperburuk biomagnifikasi karena limbah tersebut dapat mengandung bahan pencemar yang kemudian dapat terakumulasi dalam rantai makanan. Contohnya, limbah industri yang mengandung logam berat dapat mencemari air, kemudian diambil oleh tumbuhan air, dimakan oleh ikan, dan seterusnya. Pengelolaan limbah yang efektif, seperti pengolahan limbah sebelum dibuang ke lingkungan, dapat mengurangi risiko akumulasi bahan pencemar dalam rantai makanan.

2. Apa dampak positif dari pengendalian emisi polutan udara dari pabrik dan kendaraan terhadap upaya mengurangi biomagnifikasi? Jelaskan hubungan antara emisi polutan udara dan akumulasi bahan pencemar dalam rantai makanan.

Jawaban:
Pengendalian emisi polutan udara dapat memiliki dampak positif dengan mencegah pencemaran lingkungan dan mengurangi akumulasi bahan pencemar dalam rantai makanan. Emisi polutan udara, seperti senyawa kimia berbahaya, dapat terdeposit ke tanah atau air, dan kemudian diambil oleh tanaman atau hewan yang menjadi bagian dari rantai makanan. Dengan mengurangi emisi polutan udara, sumber bahan pencemar dapat berkurang, sehingga risiko biomagnifikasi juga berkurang.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Buku IPA Kelas 10 SMA, Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah