Contoh Soal Essay Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Semester 2 Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Semester

- 15 Mei 2024, 11:15 WIB
Contoh Soal Essay Biologi Kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Semester 2 Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Semester
Contoh Soal Essay Biologi Kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Semester 2 Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Semester /Pexels.com / PNW Production/

BANJARNEGARAKU.COM - Berikut ini adalah contoh soal essay Biologi kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Semester 2 Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Semester ASAS atau Penilaian Akhir Tahun PAT dan pembahasan.

Penyusunan contoh soal essay Biologi kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Semester 2 Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Semester ASAS atau Penilaian Akhir Tahun PAT, dan pembahasan ini dilansir Banjarnegaraku.com dari Buku Biologi kelas 10 SMA MA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kali ini, contoh soal essay Biologi kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Semester 2 Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Semester ASAS atau Penilaian Akhir Tahun PAT dan pembahasan ini juga berdasarkan penjelasan narasumber Leni Nurindah, S.Pd, alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Contoh soal essay Biologi kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Semester 2 Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Semester ASAS atau Penilaian Akhir Tahun PAT dan pembahasan ini dapat adik-adik pelajari untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan selama proses pembelajaran.

Baca Juga: Haumea, Planet Kerdil Berbentuk Oval, Materi IPA Kelas 7 SMP MTS Bab Bumi dan Tata Surya Kurmer Semester 2

Contoh Soal Essay Biologi Kelas 10 SMA MA Kurikulum Merdeka Semester 2 Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Semester ASAS atau Penilaian Akhir Tahun PAT dan Pembahasan


1. Jelaskan tiga tipe simbiosis yang terjadi dalam interaksi antara dua organisme. Berikan contoh konkret untuk masing-masing tipe simbiosis tersebut.

Pembahasan:
Simbiosis adalah interaksi antara dua organisme yang saling memengaruhi. Tiga tipe simbiosis adalah:

a. Simbiosis mutualisme
Kedua organisme saling menguntungkan. Contohnya adalah hubungan antara lebah dan bunga. Lebah mendapatkan nektar dari bunga sebagai makanan, sementara bunga dibantu penyerbukannya oleh lebah.


b. Simbiosis komensalisme
Satu organisme diuntungkan sementara yang lainnya tidak terpengaruh. Contohnya adalah ikan remora yang menempel pada ikan hiu. Remora mendapatkan perlindungan dan sisa makanan, sementara hiu tidak terpengaruh oleh keberadaan remora.

Halaman:

Editor: Ali A


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah