Asia Tenggara akan Terpanggang Kalau Penduduk Bumi Tak Lakukan Ini

- 2 Agustus 2023, 17:29 WIB
Pemanasan global
Pemanasan global /Brave/Seriy2453 /Pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Asia Tenggara, Brasil dan negara negara Afrika akan hidup dalam panas ekstrim jika semua masyarakat bumi tidak melakukan yang Intergovernmental Panel On Climate Change (IPCC) sarankan. Butuh kerjasama semua penduduk bumi pada kesepakatan dan keinginan sama untuk mencegah bumi 'kiamat'. 

 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan seluruh dunia untuk mengurangi emisi karbondioksida secara global. Bila hal ini tidak dilakukan secara serius hal yang mengerikan akan terjadi pada 2030, atau 7 tahun lagi dari sekarang. 

 

Dilansir dari reuters, saat ini bumi sudah berada dalam 1,2 derajat Celcius lebih hangat dari masa pra-industri. Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC) menyebut kondisi tersebut sebagai dekade paling penting pada sejarah kehidupan umat manusia. 

 

IPCC melalui ketuanya menjelaskan bawa kemauan politik sangat penting untuk mengatasi pemanasan global ini. Sedangkan untuk teknologi, peralatan, anggaran, dan semua yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan iklim, sudah tersedia. 

 

Sejumlah tanda-tanda kiamat sudah dekat akan dirasakan manusia bila kenaikan suhu muka bumi naik lebih dari 1,5 derajat celcius. Beberapa hal yang akan dirasakan manusia antara lain peningkatan laju kepunahan spesies (termasuk manusia), gagal panen, hingga "tipping point" dari perubahan sistem iklim berupa kematian koral dan mencairnya es di kutub.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x