Diduga Korsleting Listrik Museum Nasional Terbakar, Prioritas Upaya Penyelamatan Artefak

- 18 September 2023, 09:07 WIB
Diduga Korsleting Listrik Museum Nasional Terbakar, Prioritas Upaya Penyelamatan Artefak
Diduga Korsleting Listrik Museum Nasional Terbakar, Prioritas Upaya Penyelamatan Artefak /Antara/Fakhri Hermansyah/

BANJARNEGARAKU.COM - Kebakaran hebat kembali terjadi, kini si jago merah menimpa museum nasional (Monas) di Jakarta, Sabtu, 16 September 2023. Kebakaran ini terjadi pada salah satu museum yang memiliki koleksi artefak dan berbagai barang bersejarah di Indonesia yaitu museum nasional. Beruntung Kebakaran ini tidak ada korban jiwa, karena terjadi bukan pada jam kunjungan.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun hingga saat ini masih belum terdata mengenai kerusakan dari koleksi artefak dan barang sejarah yang ada di museum nasional.

Baca Juga: Bupati Tiwi, Purbalingga dan Tono City Sepakati Penempatan Tenaga Kerja, Kunjungan Kerja ke Jepang

Dilansir banjarnegaraku.com dari PikiranRakyat.Depok.com pada 17 September 2023, Terjadi Kebakaran di Museum Nasional, Upaya Penyelamatan Artefak Dioptimalkan.

Dijelaskan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebutkan bahwa penyelamatan koleksi yang ada didalam museum menjadi prioritas utama.

"Prioritas utama kami sekarang adalah menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini," kata Mendikbudristek Nadiem Makarim, dikutip banjarnegaraku.com dari PikiranRakyat-Depok.com.

Baca Juga: Ini 15 Contoh Soal PTS Tes Sumatif IPA Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban

Sementara itu, pasca kebakaran telah dibentuk tim gabungan untuk berkoordinasi penyelamatan artefak dan barang bersejarah yang ada di museum nasional. Tim gabungan tersebut gabungan antara tim museum yang terdiri dari tim museum, pakar museum dan bekerjasama dengan aparat kepolisian.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pikiranrakyat-Depok.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x