Gen Z Harus Tahu Tips Ini Supaya Indonesia Tidak Dijajah Lagi

- 12 Oktober 2023, 14:12 WIB
Penguatan Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara
Penguatan Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara /Brave/Heni

BANJARNEGARAKU.COM - Sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar membuat iri banyak negara lain. Kemajuan Indonesia tahap demi tahap tidak lepas dari pantauan negara asing. Potensi Indonesia yang luar biasa, menjadikan negara asing begitu ingin menguasai Indonesia, baik langsung atau tidak langsung. Gen Z harus tau cara dan tipsnya supaya tidak dijajah. 

Ario Indrasworo, staf ahli Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto dalam kegiatan Penguatan Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Sigaluh, Kamis 12 Oktober 2023. Kegiatan penguatan ini diikuti ratusan siswa. 

Baca Juga: Astaga! Pocong Masuk ke Ruang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjarnegara

"Dulu bangsa kita dijajah negara Eropa karena kekayaan dan kesuburan tanah kita, kaya rempah-rempah. Kini kita punya penduduk besar, dan kandungan tambang yang luar biasa. Kalau bangsa utamanya generasi Z kita tidak menyiapkan diri maka akan sangat berbahaya," ujar Ario. 

Indonesia punya visi Indonesia Emas menjadi negara maju pada tahun 2045. Untuk menjadi negara besar nanti, tambah Ario, selain harus membekali diri dengan pengetahuan juga harus menghindari perpecahan. Indonesia jatuh dan dijajah asing karena tidak ada persatuan. Kepentingan diri dan kelompok menjadi yang utama saat itu. 

"Di masa lalu, adu domba menjadi kunci menguasai negara seperti Indonesia dan China. Maka jangan mudah terpecah belah, jangan mudah termakan hoax," kata Ario memberikan tips yang sangat penting. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Nasi Goreng di Sekitar Klampok Banjarnegara, Disertai Link Google Maps

Luasnya wilayah Indonesia juga luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke kalau naik pesawat butuh 9 jam. Bandingkan dengan Eropa yang bisa dijangkau dengan 5 jam perjalanan dari ujung ke ujung. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Narasumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah