Pandawara Berhasil Ajak Ribuan Orang Bersihkan Pantai di Lampung, Ini Nasib Sungai Serayu di Banjarnegara

- 11 Juli 2023, 00:46 WIB
Sampah di pantai Sukaraja
Sampah di pantai Sukaraja /Brave/Pandawaragroup

 

BANJARNEGARAKU.COM - Kegiatan bersih Pandawara memecahkan rekor bersih-bersih dengan peserta hingga 3.700an peserta. Pada Senin, 10 Juli 2023 mereka membersihkan pantai Sukaraja di Bandar Lampung. Bagaimana nasib kebersihan sungai Serayu di kabupaten Banjarnegara? 

Pada postingan tiktok @pandawaragroup mereka merasa takjub karena ada banyak masyarakat Lampung langsung turun ke lapangan membantu membersihkan pantai yang mereka sebut sebagai pantai terburuk dan terkotor se-Indonesia. 

Dalam tayangan, sebelum dibersihkan oleh Pandawara dan masyarakat, sampah tampak menutup pantai. sampah berserakan di antara kapal-kapal nelayan. Air pantai berwarna hijau keruh menyapu sampah-sampah plastik ke tepian. Pasir pantai hampir tidak nampak oleh tebalnya sampah plastik. 

Pada akhir pembersihan, pantai Sukaraja tidak bisa benar-benar bersih. Tiktoker bang Faik mengajak masyarakat melanjutkan kerja yang sudah dimulai Pandawara. Pada postingannya dia juga mengucapkan terimakasih karena kepedulian Pandawara yang asal Bandung kepada pantai di Bandar Lampung. 

Sementara untuk kondisi sungai Serayu, bila diamati dari jembatan Rejasa Banjarnegara, sekitaran tepi masih lebih bersih daripada Pantai Sukaraja, Bandar Lampung. Meskipun sangat susah menemukan warna sungai Serayu jernih seperti sungai Aare di Swiss. 

Saat dihubungi Banjarnegaraku.com, Akhmad Fajar dari Komunitas Pinggir Sungai Serayu, menyayangkan masih ada oknum yang membuang sampah ke sungai. Bahkan pada pagi hari masih ditemukan satu dua orang yang BAB di pinggir sungai atau di aliran irigasi yang menuju sungai. 

Baca Juga: 2 Bank Sampah di Bali Sabet Juara Nasional, Banjarnegara Harus Tahu Realitanya

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: wawancara narasumber Pandawara group official


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah