40.000 Pekerjaan Sedang Disiapkan oleh Kolaborasi Dua Pengusaha Banjarnegara

- 15 Agustus 2023, 06:43 WIB
Ilustrasi angkatan kerja Banjarnegara
Ilustrasi angkatan kerja Banjarnegara /Brave/MarcoLovric /Pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Sejumlah 40.000 lapangan kerja padat karya akan dibutuhan. Dua pengusaha Banjarnegara siap berkolaborasi untuk Invitasi Padat Karya. Hal itu mengemuka dalam Diskusi Bincang Asyik Ekonomi Kreatif yang digelar Sabtu malam 12 Agustus 2023 di sebuah rumah joglo, Banjarnegara. Apabila lapangan kerja padat karya dengan 40.000 lebih pekerjaan tercapai, niscaya perekonomian Banjarnegara maju pesat. 

Hadir dalam perbincangan tersebut Bendahara Umum Ikatan Keluarga Banjarnegara se Nusantara (Ikabarata) Agus Winarko, pengusaha konstruksi baja Eko Gloor dan mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banjarnegara Kartono. Menurut Agus, Banjarnegara memiliki potensi hilirisasi sektor pertanian, pariwisata, SDA, ekonomi kreatif dan industri padat karya seperti garmen. 

"Pertama harus ada penyamaan persepsi arah pembangunan Banjarnegara. Buka investasi yang menarik banyak tenaga kerja Banjarnegara," jelas Agus yang selama ini banyak berkecimpung di dunia bisnis food service dan ekonomi kreatif. 

Baca Juga: Jadwal Samsat Keliling di Banjarnegara Selasa 15 Agustus 2023, Berikut 3 Lokasi Hari Ini

Hal senada diungkapkan oleh Eko. Ia mengaku sudah banyak mendatangkan investor ke Banjarnegara. "Kami sudah mendatangkan investor pabrik garmen di Kalibenda, Masaran dan Blambangan. Namun belum cukup, masih butuh banyak industri padat karya di Banjarnegara untuk menciptakan lapangan kerja, utamanya ekonomi kreatif. Agar generasi muda banyak terlibat" tandas Eko. 

Hal itu diamini oleh Kartono, yang menilai ekonomi kreatif dengan bonus demografi saat ini banyak dijadikan pilihan profesi anak muda. 

"Kita akan mencoba berkolaborasi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Banjarnegara," ujar Kartono.

Saat dikonfirmasi bentuk investasi padat karya, Kartono masih enggan mengemukakan lebih jelas. "Tunggu saja pada saatnya," ujarnya berkelit. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: berbagai sumber Heni Purwono BPS Banjarnegara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x