Teknik Hidroponik Murah Ala Kebun Hidroponik Bersemi Banjarnegara

- 20 April 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi Hidroponik
Ilustrasi Hidroponik /Brave/Pixabay / 41130

 

BANJARNEGARAKU.COM - Membuat kebun hidroponik memang semakin mudah dan bisa diperoleh melalui pasar daring seperti toko oranye dan toko hijau. Di sana bisa dipilih beragam pipa yang sudah dirangkai membentuk rangkaian untuk berkebun hidroponik. 

Harga satu set hidroponik 4 pipa PVC terdiri 10 lubang per pipa, sekira Rp 300-500 ribu. Bahkan harganya bisa melonjak hingga jutaan tergantung kualitas bahan dan banyak lubang yang digunakan. 

Apabila biaya sebanyak ini masih dirasa cukup mahal, Kebun Hidroponik Bersemi Banjarnegara punya tipsnya. Bahkan bisa menggunakan sisa bahan yang ada di rumah bisa jadi kebun hidroponik dengan harga murah. 

Baca Juga: Pengin Healing? Ada 4 Wisata Alam di Wonosobo nan Indah, Ini Harga Tiket Masuk, Jam Buka, dan Alamatnya...

Tips ini dibongkar oleh Yunus Rosyadi sang penggerak Kebun Hidroponik Bersemi Banjarnegara pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMAN 1 Sigaluh, Jumat 20 April 2024. . 

Menurut Yunus keuntungan bertani dengan teknik hidroponik tidak perlu berkotor-kotoran dengan tanah. Melalui hidroponik anak-anak muda bisa tetap trendi saat jadi petani asik.

"Dengan cara hidroponik, anak-anak muda bisa bertani dengan pakaian bersih, bisa sambil selfie-selfie (swafoto), bisa juga memasarkan produk pertaniannya dengan sistem online (daring). Saya sudah membuktikan itu semua bisa dengan pertanian hidroponik," jelas Yunus memberi semangat. 

Baca Juga: Ini Dia! Tips dan Trik Ampuh Daftar Kartu Prakerja Gelombang 66

Halaman:

Editor: Aris BRAVE

Sumber: liputan SMAN 1 Sigaluh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah