Program KKN Unsoed Tanam Cabai di Pekarangan, Wabup Sudono Beri Apresiasi

- 9 Februari 2024, 15:10 WIB
Program KKN Unsoed Tanam Cabai di Pekarangan, Wabup Sudono Beri Apresiasi./Prokopim Purbalingga
Program KKN Unsoed Tanam Cabai di Pekarangan, Wabup Sudono Beri Apresiasi./Prokopim Purbalingga /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Wakil Bupati Purbalingga H. Sudono menyerahkan kembali mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang telah 35 hari melaksanakan pengabdian masyarakat di Purbalingga. Wabup mengapresiasi program dalam KKN, salah satunya penanaman pohon cabai di pekarangan.

"Menghadapi harga cabai yang mahal, sehingga kegiatan penanaman bibit cabai di masing-masing rumah bisa bermanfaat," kata Wabup Sudono dalam acara Penarikan Mahasiswa KKN Unsoed Periode Januari - Februari 2024, Rabu 7 Februari 2024 di OR Graha Adiguna, Purbalingga.

Baca Juga: Dapil 7 Jateng Digelontor Rp2,2 M, Bamsoet Optimis Golkar Tambah Kursi di Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara

Ia berharap, sosialisasi dan upaya yang dilakukan mahasiswa KKN, setiap rumah bisa menanam bibit cabai. Masyarakat juga diharapkan bisa memanfaatkan program tersebut secara berkelanjutan sehingga pekarangannya produktif dan nantinya tidak terganggu harga cabai yang fluktuatif dalam kebutuhan sehari-hari.

Apresiasi juga diberikan atas fasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikasi Halal bagi UMKM setempat oleh mahasiswa KKN kolaborasi instansi terkait.

Demikian kompetensi perangkat desa diharapkan bisa meningkat, berkat pendampingan mahasiswa dalam hal teknologi komunikasi dan informatika. Hal ini mengingat saat ini pemerintahan dituntut efisiensi pelayanan dan pelaporan yang serba digital.

Baca Juga: Libur Imlek di Banjarnegara, Menikmati Suasana Tahun Baru 2575 Kongsili

"Semoga pengetahuan yang sudah didapat di bangku kuliah bisa membantu masyarakat maupun pemerintah desa," katanya.

Wabup mengucapkan terima kasih kepada pihak Unsoed, sebab melalui program KKN-nya di Purbalingga, pemerintah terbantu atas program kerja mahasiswanya yang positif.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Prokopim Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub