Kecelakaan Kereta Tabrak Truk Seperti di Semarang Tidak Mungkin Terjadi di Banjarnegara

- 19 Juli 2023, 12:34 WIB
Tabrakan kereta di Semarang
Tabrakan kereta di Semarang /Brave/Video Amatir / tangkap layar

BANJARNEGARAKU.COM - Tumbukan kereta api KA 112 Brantas dengan sebuah truk peti kemas terjadi Selasa malam 18 Juli 2023. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tabrakan kereta semacam ini tidak mungkin terjadi di Banjarnegara, ini penyebabnya. 

Pada pukul 19.32 WIB, telah terjadi temperan antara KA 112 (KA Brantas) relasi Pasar Senen-Blitar dengan truk tronton. Peristiwa ini terjadi pada Jalur Perlintasan (JPL) 6 Km 1+523, petak jalan Jerakah-Semarang Poncol. 

Baca Juga: Jadwal Mendeman Ebeg Banyumasan, Rabu 19 Juli 2023: Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Kebumen

Dari video yang beredar di medsos tampak truk berhenti di JPL sesaat sebelum perlintasan ditutup. Sepertinya truk mengalami mati mesin. Kernet turun dan tampak panik, diikuti sopir. Berapa detik kemudian, tabrakan sudah tidak dapat dihindarkan lagi. 

Kereta api yang melaju kencang tidak terhentikan lagi terjadilah tumbukan keras yang mengakibatkan terjadi ledakan. Akibat kejadian tersebut, lokomotif KA Brantas mengalami kebakaran dan 2 jalur KA pada petak Jerakah-Semarang Poncol. Kecelakaan Lalu Lintas di JPL 6, Sebabkan Gangguan Perjalanan KA di Lintas Jerakah-Semarang Poncol. 

Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Masinis dan Asisten Masinis serta para penumpang kereta api dinyatakan selamat. Namun terdapat kerusakan sarana, prasarana, dan keterlambatan perjalanan KA.

Dalam siaran pers dari pihak KAI, Joni Martinus, mengingatkan kembali pada masyarakat khususnya para sopir agar berhati-hati saat melalui Jalur perlintasan sebidang. 

"Kami ingatkan kembali, bahwa aturan melintas di perlintasan sebidang adalah berhenti di rambu tanda STOP, tengok kiri- kanan. Apabila telah yakin aman, baru bisa melintas. Patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, agar masyarakat aman dan selamat ketika melintas di perlintasan sebidang," tegas VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: KAI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah